Minggu, 06 September 2015

RPP Kelas 7 Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   
( R P P )

Satuan Pendidikan
:  
MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran
:
Al-Quran Hadits
Kelas / Semester
:
VII (Tujuh) / 1
Materi Pokok
:
Al Qur’an Dan Hadits Sebagai Pedoman Hidupku
Alokasi Waktu
:
2 TM (4 x 40 Jam)

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis , membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini  al-Quran dan Hadits Sebagai pedoman hidup
2.1 Memiliki perilaku mencintai al-Quran dan Hadits dalam kehidupan
3.1 Memahami kedudukan al-Quran dan Hadits Sebagai pedoman hidup umat manusia

C.    Indikator
1.  Menjelaskan pengertian dan Fungsi al-Quran
2.  Menjelaskan pengertian dan Fungsi Hadits
3.  Membedakan Fungsi al-Quran dan Hadits
4.  Menjelaskan cara memFungsikan al-Quran dan Hadits dalam kehidupan
5.  Menjelaskan cara mencintai al-Quran dan Hadits
6.  Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Quran dan Hadits

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi,  mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan Fungsi al-Quran dan Hadits, membedakan Fungsi keduanya, cara memFungsikannya dalam kehidupan, cara mencintainya dan juga mampu menjelaskan perilaku Seseorang yang mencintai al-Quran dan Hadits.








E.    Materi pembelajaran

1.            Pengertian dan Fungsi Al Quran dan Hadits 
Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari kata قرأ – يقرأ – قرآن   yang berarti membaca bacaan. Al-Qur’an berarti bacaan yang sempurna.
Sedangkan Al-Qur’an menurut Istilah adalah: Wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhamad SAW secara berangsur-angsur melalui malaikat Jibril dan membacanya adalah ibadah. Rasulullah banyak menerima wahyu dari Allah baik seca ra langsung maupun perantara Malaikat Jibril dan dibukukan, tetapi tidak disebut Al Qur’an dan membaca tidak dinilai ibadah.
Al-Hadits identik dengan as-sunnah yaitu “segala Sesuatu yang dinukil dari Nabi  Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, sifat-sifat lahir dan bathinnya ataupun perjalanan hidupnya sejak sebelum diangkat menjadi Rasul seperti bertahannust di gua Hira’ maupun sesudah diangkat menjadi Rasul.”

2.            Cara memFungsikan Al-Quran dan Hadits
Ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits diterapkan dengan memFungsikannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan pribadi yang berhubungan langsung antara diri Seseorang dengan Allah, atau kehidupan keluarga yang berhubungan dengan seluruh anggota keluarganya, kehidupan masyarakat yang mengatur kehidupannya Sebagai makhluk social atau kehidupan berbangsa yang menuntun manusia agar dapat menjadi warga Negara yang baik dengan tetap berpedoman kepada Al-Qur’an dan al-Hadits

3.          Cara mencintai Al Quran dan Al Hadits  
§  Mempercayai Al-quran Sebagai kitab yang penuh istimewa
§  Menjadikan keduannya Sebagai pedoman hidup
§  Mengajarkan Al-quran dan Haditst kepada orang lain Sebagai pedoman hidup

4.          Ciri-ciri perilaku orang yang mencintai al-Quran dan Hadits
§  Selalu taat kepada Allah SWT
§  Selalu mengindari perbuatan maksiat
§  Selalu berbakti kepada orang tua

F.    Pendekatan / metode pembelajaran
1.      Pendekatan       : saintifik
2.      Metode             : Discovery  Learning

G.    Media, alat, sumber belajar
§  Mushaf Al- quran dan terjemahanya
§  Buku pegangan siswa Kemenag
§  Buku Pedoman Guru, Kemenag
§  Gambar/ video/ multimedia interaktif
§  Akses Internet yang sesuai kebutuhan
§  Sumber lain yg menunjang









H.    Langkah-langkah pembelajaran
a.  Pendahuluan (12 menit)
1.   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.   Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.   Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
5.   Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (thH bHhaYiRraO systHms famiOy Rf mRGHO). Direct instruction diartikan Sebagai instruksi langsung; dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).

b.  Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
1.` Guru mengajak peserta didik mencermati 2 kasus di dua keluarga
1) Tentang Keluarga Bahagia,
“Keluarga Pak Darmawan terdiri dari istri dan kedua anaknya yang maSih duduk di bangku Sekolah Dasar dan menengah. Keduanya tidak pernah membantah ayah dan ibunya, apalagi membentaknya. Begitu pula Pak Darmawan dan istrinya Sangat mencintai kedua putranya, membimbingnya dan Selalu mengingatkan jika mereka berSalah dengan penuh bijakSana dan tetap berpedoman dengan al-Quran dan Hadits. Keluarga mereka menjalankan  kehidupannya  dengan  damai  dan  penuh  kebahagiaan.  Meski beberapa kesulitan mereka alami, namun dengan ketaqwaan penuh mereka dapat melaluinya dengan lancar.”
2) Tentang Keluarga Berantakan
“Sudah beberapa hari ini Arman tidak pulang ke rumah. Arman meraSakan bahwa ayah ibunya tidak menyayanginya karena mereka terlalu Sibuk dalam uruSan pekerjaannya. Hingga akhirnya Ayah dan ibunya mendapatkan berita penangkapan Arman oleh kepolisian karena  ia  terlibat  pengedaran  narkoba.  Karena  meraSa benar,  ayahnya menyalahkan ibunya yang diraSa tidak memperhatikan anak begitu pula Sebaliknya. Sehingga kasus Arman menjadikan hubungan ayah dan ibunya memburuk dan akhirnya mereka bercerai.”
2.  Guru meminta peserta didik mengangkat tangan Sebelum mengeluarkan pendapatnya.
3.  Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan kasusnya, dan peserta lain mendengarkan.
4.  Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara.
5.  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

Menanya
1.  Guru harus bisa mendorong peserta didik untuk kritis dan memiliki pertanyaan-pertanyaan Sebanyak mungkin dan tidak perlu mengomentarinya.
2.  Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat lisan.
3.   Guru bisa meminta Salah Satu peserta didik untuk menulis Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertaS.
3.   Setelah terkumpul pertanyaan-pertanyaan tersebut. Guru meminta melakukan kegiatan Selanjutnya

Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
1.  Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “bukalah wawasanmu”
2.  Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “bukalah wawasanmu”
3.  Guru  meminta  peserta didik  untuk  mencatat  jawaban-jawaban  berdasarkan “bukalah wawasanmu”
4.  Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan Singkat atau memberikan Sumber-Sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Mengasosiasi/menalar
1.  Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang di tiap kelompoknya.
2.  Guru membaginya dengan cara menyebutkan angka. Caranya:
a.  Peserta didik berhitung Secara berurutan dan masing-masing menghapalkan nomornya.
b.  Jadikan angka 1 Sampai Sepuluh menjadi dua kelompok yaitu kelompok angka ganjil dan kelompok angka genap.
c.  Jadikan angka 11 Sampai angka 20 menjadi dua kelompok yaitu kelompok ganjil dan kelompok genap.
d.  Begitu Seterus, Sesuaiakan dengan jumlah peserta didik dalam Satu kelas
e. Guru bisa mengembangkannya berdasarkan jumlah peserta didik

3.  Guru membagikan lembar diskusi kepada tiap kelompok. Contoh lembar diskusi untuk bab                   “Al-Quran dan Hadits Sebagai pedoman hidup” ”  Sebagai berikut:

Let’s Discuss!

Diskusikan  kasus berikut berSama kelompokmu, dan jangan lupa tulis hasilnya pada kolom bawah!


Bahan Diskusi 1
Al-Quran dan Hadits sebagai pedoman hidup manusia tentu memiliki fungsi yang ban- yak Sekali, namun hal terSebut tidak dibarengi dengan pemahaman banyak orang akan cara menfungsikannya dalam kehidupannya. 8ntuk itu, diskusikan dengan temanmu tentang hal-hal yang dapat kalian lakukan dalam rangka menfungsikan al-Quran dan Hadits dalam kehidupanmu!
 
 











                                         
Hasil Diskusi 1


                                          



















Nama anggota kelompok:

1.   Ketua       =  __________________________________________________________    
2.   Sekretaris =  __________________________________________________________
3.   ____________________________________________________________________      
4.    ____________________________________________________________________

Let’s Discuss!
Diskusikan  kasus berikut berSama kelompokmu, dan jangan lupa tulis hasilnya pada kolom bawah!



Bahan Diskusi 2
Cintakah  kalian  kepada  al-Quran  dan  HadiS? Bagaimana  SeSeorang haruSnya membuktikan kecintaannya kepada al-Quran dan  al-HadiS!
 
 






                                                                        
Hasil Diskusi 1























Nama anggota kelompok:

1.   Ketua       =  __________________________________________________________    
2.   Sekretaris =  __________________________________________________________
3.   ____________________________________________________________________      
4.    ____________________________________________________________________

1.  Guru menjelaskan pengantar tentang tata cara berdiskusi, antara lain
a.  Setiap kelompok harus memilih ketua dan Sekretaris.
b    Setiap  kelompok  mendiskusikannya dengan  menkaji  “bukalah  wawasanmu”atau melihat Sumber lain.
c.  Setiap kelompok mencatat hasil diskusinya di kertaS dengan rapi (bisa diSediakan oleh guru atau dari peserta didik).`
d.  Setiap kelompok meletakkan hasil kerjanya di atas mejanya.
e.  Setiap kelompok bergeSer kelompok lain untuk mengamati hasil diskusi kelompok lain.

2.  Guru  melakukan  pengamatan  Selama diskusi berlangSung. Gunakan  Format  penilaian “Unjuk kerja”.
3.  Setelah Selesai diskusi, tiap kelompok berputar untuk mengamati hasil diskusi kelompok lain.
4.  Setelah Selesai, tiap kelompok kembali ke tempatnya masing-masing.
5.  Guru meminta tiap kelompok memberikan komentar tentang perSamaan dan perbedaan hasil diskusi antara kelompoknya dengan kelompok lain.
6.  Guru meminta pendapat dari peserta didik Secara jujur, kelompok mana yang paling baik hasil diskusinya.
7.  Guru tidak perlu mengomentari tentang hasil penilaian peserta didik.
8.  Guru mengakhiri kegiatan diskusi dengan memberikan Semangat dan menghargai Semua usaha peserta didik.

Mengkomunikasikan                                                            
                        a.       Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan Hadits, Fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan Hadits Sebagai pedoman  hidup umat manusia.
                        b.       Memberikan tanggapan  papararan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan Hadits, Fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan Hadits Sebagai pedoman  hidup umat manusia..


c.  Penutup (18 menit)
                        a.       Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan;
                        b.       Melakukan penguatan materi pelajaran  hari ini;
                        c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut;
                       d.       Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya
                        e.       Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

I.    Penilaian
1.  Penilaian sikap
a. Format Penilaian Individu
No.
Nama Peserta Didik
Aktifitas
Jml.
Skor
Kerjasama
Keaktifan
Kepedulian dan kesantunan
Inisiatif
1.
Said
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

2.
Ayu

















3.
Ajis

















b. Rubrik penilaian:
No.
Indikator Penilaian
Skor
1
Kerjasama
Belum memperlihatkan kerjasama dengan teman Satu kelompok
1
Mulai memperlihatkan kerjasama dengan teman Satu kelompok
2
Mulai berkembang  kerjasama dengan teman Satu kelompok
3
Mulai membudayakan  kerjasama dengan teman Satu kelompok
4
2
Keaktifan
Belum memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan Selama proses melaksanakan tugas
1
Mulai memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan Selama proses melaksanakan tugas
2


Mulai berkembang  keaktifannya dalam berdiskusi dan
Selama proses melaksanakan tugas
3
Mulai membudayakan keaktifannya dalam berdiskusi dan Selama proses melaksanakan tugas
4
3
Kepedulian dan keSantunan
Tidak mau menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang kurang santun
1
Kurang dapat menghargai pendapat orang lain dan kurang santun
2
Menghargai orang lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
3
Menghargai orang lain dan menanggapi pendapat dengan Santun
4
4
Inisiatif
belum memperlihatkan Inisiatifnya
1
mulai memperlihatkan Inisiatifnya
2
mulai berkembang  Inisiatifnya
3
mulai membudayakan  Inisiatifnya
4

Total
16



c. Pedoman Penskoran

Nilai    =  Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x 100
Jumlah Skor maksimal (16)

2.  Format Penilaian “kembangkan pikiranmu” (Berdiskusi – Menemukan Peristiwa)
a. Format Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1.
Said









2.
Ayu









3.
Ajis









4.
Dst










b. Aspek dan rubrik  penilaian kelompok:
No.
Indikator Penilaian
Skor
1
kedalaman
informasi.
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi
lengkap dan Sempurna
30
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang Sempurna
20
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap
10
2
Keaktifan dalam
diskusi/tugas
berperan sangat aktif dalam diskusi
30
berperan aktif dalam diskusi
20
kurang aktif dalam diskusi
10
3
Kejelasan
dan kerapian
presentasi/
jawaban
mempresentasikan dengan Sangat jelas dan rapi
40
mempresentasikan dengan jelas dan rapi,
30
mempresentasikan dengan Sangat jelas dan kurang rapi
20

c. Pedoman Penskoran

Nilai    =  Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x 100
Jumlah Skor maksimal


3.  Penilaian  “Berlatihlah”
a. Format Penilaian “Berlatihlah”
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1.
Said









2.
Ayu









3.
Ajis










b. Aspek dan rubrik  penilaian kelompok:
No.
Indikator Penilaian
Skor
1
kedalaman
informasi.
Tepat waktu dalam penyerahan tugas
26 – 30
Terlambat dalam penyerahan tugas
10 – 25
2
Keaktifan dalam
diskusi/tugas
Sangat antuSiaS dalam mengerjakan tugas
26 – 30
Biasa Saja dalam mengerjakan tugas
16 – 25
Enggan mengerjakan tugas
10 – 15
3
Kejelasan
dan kerapian
presentasi/
jawaban
Hasil tugas yang diSerahkan Sangat rapi dan jelas
31 – 40
Hasil tugas yang diSerahkan cukup rapi dan jelas
21 – 30
Hasil tugas yang diSerahkan tidak jelas dan asal- asalan
10 – 20

c. Pedoman Penskoran

Nilai    =  Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x 100
Jumlah Skor maksimal


SOAL UJI KOMPETENSI

Pilihlah jawaban yang tepat!

1.   Perhatikan hal berikut!
1.  Firman Allah Swt kepada Nabi Muhammad SAW
2.  DiSampaikan melalui perantara malaikat Jibril
3.  Aturan-aturan Sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW
4.  Kitab Suci umat Islam yang berSumber dari Nabi Muhammad SAW
5.  Wahyu Allah yang disampaikan secara mutawatir
Dari  pernyataan  di  atas yang  merupakan  pengertian  al-Quran  menurut  istilah adalah pernyataan nomor....
a.   1, 3 dan 4        b. 2, 3 dan 4                c. 1, 2 dan 5                d. 2, 4 dan 5

2.  Hadits adalah Sumber hukum Islam kedua Setelah al-Quran. Arti Hadits menurut bahasa adalah....
a.   Pedoman         b. Baru            c. Hukum Islam         d. Kebiasaan

3. Salah satu Fungsi al-Quran adalah Sebagai adz-Dzikra, hal tersebut dapat ditunjukkan dengan Seseorang yang....
a.   Menjadikannya hakim dalam Setiap permasalahannya
b.   Mengingatkan dirinya dengan memahami isi al-Quran
c.  Menggunakannya Sebagai pedoman dalam bermuSyawarah
d.   Membaca  ayat-ayat rahmat untuk menentramkan hati yang gelisah

4.   Di bawah ini yang merupakan Fungsi al-Quran adalah Sebagai....
a.   Obat untuk penyakit hati manusia
b.   Hiasan rumah Sehingga terlihat indah
c.   Kebanggaan dalam hidup Seseorang
d.   Hadiah buat Seseorang yang Spesial




5.   Hadits mempunyai Fungsi terhadap al-Quran yaitu Sebagai....
a.   Pembeda antara hukum awal dan hukum akhir
b.   Menetapkan hukum yang belum ada dalam al-Quran
c.   Pengontrol dan pengoreksi terhadap ajaran-ajaran masa lalu
d.   Sebagai alternatif seorang muslim jika tidak suka hukum di al-Quran

6.   Diantara Fungsi al-Quran adalah Sebagai pendidikan moral.  yangdemikian itu bisa kita wujudkan dengan cara....
a.   Membawa al-Quran ke lembaga pendidikan
b.   Menyediakan al-Quran pada Setiap Sekolah
c.   Memberikan pendidikan Sesuai dengan ajaran dalam al-Quran
d.   Memberikan al-Quran bagi anak-anak nakal dan pelaku kriminal

7. Dalam al-Quran terdapat hukum yang bersifat global, sehingga perlu penjelasan yang lebih terperinci dari Hadits. Hal tersebut dapat kita lihat pada contoh di bawah ini;
a.   Menjelaskan tentang kekuaSaan Allah di langit dan di bumi
b.   Memberikan batasan bagi Seseorang yang tidak diwajibkan shalat jum'at
c.   Mengungkap kisah-kisah para Sahabat Nabi yang gugur dalam jihad fl sabilillah
d.   Menjelaskan tentang  tata  cara  Sholat yang  benar  Sebagaimana yang  dituntunkan Rasulullah SAW

8.  Ibu Chintia adalah wanita yang sukses dalam karirnya. Agar tetap dapat memFungsikan al-Quran dan Hadits dalam kehidupannya berkeluarga, Sikap yang meSti diambil adalah....
a.   Yang  terpenting  tetap  bekerja  keras agar  mendapatkan  uang  banyak  dan  dapat menyenangkan anak
b.   MelakSanakan tugas dalam karirnya Sebaik mungkin meski anak dan Suaminya tidak mendapatkan perhatiannya Secara penuh
c.   Tetap melakSanakan kewajbannya Sebagai Seorang ibu dan istri dengan Seadil-adilnya
d.   Mohon izin pada suami dan anak-anaknya untuk absen Sebagai istri dan ibu selama masa karir

9.   Perhatikan pernyataan berikut!
1.   Aktif dalam kegiatan-kegiatan di kampungnya
2.   Membantu tetangga dekat yang Sudah tua dan Sebatang kara
3.   Mengatur waktu Sebaik-baiknya untuk masalah dunia dan akhirat
4.   MelakSanakan kewajibannya kepada Allah dengan ikhlas
5.   Beramal kepada orang tidak mampu dengan ikhlas

Dari hal-hal di atas yang termasuk pengamalan al-Quran dalam kehidupan pribadi dapat ditunjukkan dengan pernyataan nomor….
a.   1 dan 2                                   c. 3 dan 4
b.   2 dan 3                                  d. 4 dan 5

10. Berikut ini contoh perilaku Seseorang yang mengFungsikan al-Quran dalam kehidupan bermaSyarakat:
a.   Berbuat baik pada Semua orang
b.   Ikut berperan aktif dalam tugas-tugas negara
c.   Berlaku adil dengan Seluruh anggota keluarga
d.   Membaca al-Quran dengan Suara keras di muSholla kampung









Jawablah pertanyaan berikut!
1.   Jelaskan pengertian al-Quran menurut bahasa dan istilah! (Skor: 4)
2.   Jelaskan pengertian Hadits menurut bahasa dan istilah! (Skor: 4)
3.   Sebutkan Fungsi al-Quran bagi kehidupan manusia! (Skor: 3)
a. ............................................................................
b.   ............................................................................
c.   ............................................................................
4.   Diantara Fungsi keberadaan Hadits bagi al-Quran adalah menjelaskan ayat al-Quran yang bersifat mujmal. -elaskan maksudnya beserta contoh! (Skor: 5)

5.   Sebutkan tiga perbedaan antara Hadits dan al-Quran! (Skor: 4)



KUNCI JAWABAN
Pilihan ganda:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
C
B
B
A
B
C
D
C
C
A



Soal Uraian:
No.
Indikator Penilaian
Skor
1
Pengertian al-Quran menurut bahasa adalah bacaan
1
2
Menurut istilah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril dengan lafal dan maknanya secara berangsur- angsur Sebagai pedoman hidup umat manusia

3
3
Pengertian Hadits menurut bahasa adalah
Cerita, baru, muda, riwayat, ucapan

1
4
Menurut istilah Segala Sesuatu yang berSumber dari Nabi Muhammad SAW baik ucapan, perbuatan, Sikap diam dan ketetapan beliau

3
5
Fungsi al-Quran bagi kehidupan umat manusia:
a.   Al-Huda artinya petunjuk ke jalan yang luruS bagi kehidupan manusia
b.   Al-Furqan artinya pembeda antara yang haq dan yang batil
c.   Al-Syifa artinya penyembuh atau obat


3
6
Fungsi al-Hadits terhadap al-Quran yaitu menjelaskan ayat al-Quran yang bersifat  mujmal  (global)  maksudnya  ada  beberapa  ayat  al-Quran  yang maSih perlu penjelasan terperinci, dan keberadaan Hadits untuk menjelaskan terperinci  contoh:  perintah  Sholat dalam  al-Quran  belum  diJelaskan tata caranya dan Hadits menjelaskannya Secara terperinci


5
7
Perbedaan al-Quran dan al-Hadits:
1.   Al-Quran kebenarannya mutlak, adapun Hadits ada beberapa yang kuat. Statusnya dan ada yang lemah, Sehingga tidak dapat digunakan untuk berhukum.
2.   Al-Quran otentik lafalnya, sehingga tidak ada perbedaan lafaz sedikitpu, adapun Hadits tidak, Sehingga ada perbedaan matan
3.   Seluruh isi al-Quran dapat kita jadikan pedoman hidup, adapun Hadits tidak. Karena tidak Semua Hadits Sahih, adapula yang dhaif Sehingga kebenarannya diragukan.
4

Skor maksimal
20
Pada Dasarnya ada banyak sekali program remedial (remedial teaching) yang dapat digunakan, diantara yang sering banyak dilakukan guru, yaitu:
             Nilai:
a. Skor = @2 X 10 = 20
b. Skor maksimal 20
c. Nilai = (Skor a + Skor b ) /40 X 100 = 100



Mengetahui
Kepala MTs Negeri Karangsembung



Drs. ABD. GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung ,    Juli 2015
Guru Mapel Al-Quran Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar