Selasa, 09 September 2014

RPP Qurdits 8 Sk. 3 Kd. 3.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )

Madrasah                              :  MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran                      :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                    :  VIII / 1
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit

A.           Standar Kompetensi
3.      Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial

B.           Kompetensi Dasar
3.2     Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan

C.           INDIKATOR
3.2.1.        Menjelaskan fakta kehi-dupan sosial masyarakat yang ada dalam kehidupan
3.2.2.        Menyebutkan contoh perilaku orang yang hi-dup hanya memikirkan diri sendiri
3.2.3.        Menjelaskan cara hidup bermayarakat yang se-suai dengan perintah agama
3.2.4.        Menunjukkan contoh perilaku orang yang peduli terhadap ling-kungan sosial sesuai dengan isi kandungan  Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un

D.           Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu menyebutkan keterkaitan isi kandungan Surah Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial

Karakter siswa yang diharapkan :
·         Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
·         Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

E.            Materi Pembelajaran

Keterkaitan QS.al-Kautsar dan al-Maa’uun tentang Kepedulian Sosial dalam Fenomena Kehidupan

Keterkaitan antara QS. Al-Kautsar dan Al-Maa’uun dalam hal kepedulian sosial adalah sebagai berikut :
1.          Kedua-duanya mengandung pengajaran agar umat Islam memiliki kepedulian sosial  dalam kehidupan.
2.          Bentuk kepedulian sosial yang dimaksud dalam surat Al-Kautsar adalah penyembelihan hewan qurban, dimana dagingnya diberikan kepada arang lain utamanya kepada fakir miskin.
3.          Bentuk kepedulian sosial yang dimaksud dalam surat Al-Maa’uun adalah :
      Menyayangi dan menyantuni anak yatim;   
      Memperhatikan nasib orang miskin dengan menganjurkan dan atau memberi bantuan kepada mereka;
      Mau membantu orang lain untuk meringankan beban dan kesulitan yang dialaminya.
      Surat Al-Kautsar mengandung perintah untuk memiliki kepedulian sosial, sedangkan surat Al-Maa’uun mengandung ancaman kepada mereka yang tidak memiliki kepedulian sosial dengan dicap sebagai pendusta agama.


Penerapan Isi Kandungan QS al-Kaustar dan al-Maa’uun dalam Kehidupan Sehari-hari

Nilai-nilai yang terkandung dalam  Q.S Al-Kautsar yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
a.       Mengakui bahwa nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita tak terhitung dan tak ternilai jumlah serta kualitasnya.
b.       Mensyukuri atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah swt. dengan cara menggunakan nikmat itu untuk hal-hal yang diridhai oleh Allah swt. seperti:
·         Mengerjakan Shalat;
·         Menyembelih hewan qurbanpada waktunya ketika mempunyai kemampun, sebagai ibadah sosial disamping beribadah kepada Allah SWT.;
·         Mengikhlaskan dalam segala bentuk ibadahnya hanya untuk Allah  semata.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Maa’uun yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
a.       Menyantuni dan menyayangi anak yatim, lebih baik lagi mau memeliharanya.
b.       Tidak kikir dan berat tangan untuk memberi bantuan apa saja yang diperlukan orang miskin
c.       Tidak melakukan ibadah karena riya’, akan tetapi segala bentuk ibadahnya dikerjakan atas dasar ikhlas karena Allah semata.
d.       Menjaga kualitas shalat lima waktu baik dari segi waktunya, rukun dan syarat-syaratnya serta memahami arti dan maknanya.
b.       Suka memberikan bantuan kepada orang lain dengan bantuan yang mereka perlukan

F.            Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Demontrasi
·         Diskusi
·         Tanya jawab

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Motivasi  :
·         Coba Baca Surat Al-Kautsar  dan Al-Maun

Ü   Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang keterkaitan isi kandungan Surah Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi keterkaitan isi kandungan Surah Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial.
F  Guru menjelaskan keterkaitan isi kandungan Surah Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
F  Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari keterkaitan isi kandungan Surah Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  menyebutkanketerkaitan isi kandungan Surah Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial.

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik  positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ü  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


.
H.           Media/ Sumber Belajar
·         Qur`an Hadits ( Program Powerpoint )
·         Buku paket Al-Qur’an-Haditst  kelas VIII
·         Buku LKS Qur`an Hadits
·         Juz ‘Amma


I.              Penilaian

1.  Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
2.  Bentuk Instrumen:
-   Essay

3.  Contoh Instrumen:


Tes Tulisan
1.       Jelaskan Keterkaitan antara QS. Al-Kautsar dan Al-Maa’uun dalam hal kepedulian sosial
2.       Sebutkan Nilai-nilai yang terkandung dalam  Q.S Al-Kautsar yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.       Sebutkan Nilai-nilai yang terkandung dalam  Q.S Al-Maun yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Jawaban

1.    Keterkaitan antara QS. Al-Kautsar dan Al-Maa’uun dalam hal kepedulian sosial adalah sebagai berikut :
a.       Kedua-duanya mengandung pengajaran agar umat Islam memiliki kepedulian sosial  dalam kehidupan.
b.       Bentuk kepedulian sosial yang dimaksud dalam surat Al-Kautsar adalah penyembelihan hewan qurban, dimana dagingnya diberikan kepada arang lain utamanya kepada fakir miskin.
c.       Bentuk kepedulian sosial yang dimaksud dalam surat Al-Maa’uun adalah :
      Menyayangi dan menyantuni anak yatim;   
      Memperhatikan nasib orang miskin dengan menganjurkan dan atau memberi bantuan kepada mereka;
      Mau membantu orang lain untuk meringankan beban dan kesulitan yang dialaminya.
d.       Surat Al-Kautsar mengandung perintah untuk memiliki kepedulian sosial, sedangkan surat Al-Maa’uun mengandung ancaman kepada mereka yang tidak memiliki kepedulian sosial dengan dicap sebagai pendusta agama.

2.       Nilai-nilai yang terkandung dalam  Q.S Al-Kautsar yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
1)       Mengakui bahwa nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita tak terhitung dan tak ternilai jumlah serta kualitasnya.
2)       Mensyukuri atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah swt. dengan cara menggunakan nikmat itu untuk hal-hal yang diridhai oleh Allah swt. seperti:
·         Mengerjakan Shalat;
·         Menyembelih hewan qurbanpada waktunya ketika mempunyai kemampun, sebagai ibadah sosial disamping beribadah kepada Allah SWT.;
·         Mengikhlaskan dalam segala bentuk ibadahnya hanya untuk Allah  semata.



3.       Nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Maa’uun yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
a.       Menyantuni dan menyayangi anak yatim, lebih baik lagi mau memeliharanya.
b.       Tidak kikir dan berat tangan untuk memberi bantuan apa saja yang diperlukan orang miskin
c.       Tidak melakukan ibadah karena riya’, akan tetapi segala bentuk ibadahnya dikerjakan atas dasar ikhlas karena Allah semata.
d.       Menjaga kualitas shalat lima waktu baik dari segi waktunya, rukun dan syarat-syaratnya serta memahami arti dan maknanya.
c.       Suka memberikan bantuan kepada orang lain dengan bantuan yang mereka perlukan

Skor penilaian :
Essay / uraian :
-                   Skor no. 1 = 40
-                   Skor no. 2 = 30
-                   Skor no. 3 = 30
-                   Skor maximum = 100


G. Analisis hasil belajar
No

N  a  m  a
Essay
KKM
Skor Penilain
Ket
1
2
3
2
4
4





70







70







70





Mengetahui
Kepala MTs.N Karangsembung



Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung,   Juli 2014
Guru Qur`an Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar