Rabu, 10 September 2014

RPP Qurdits 8 Sk. 7 Kd. 7.3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )

Madrasah                              :  MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran                      :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                    :  VIII / 2
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit

A.           Standar Kompetensi
7.      Memahami Hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat

B.           Kompetensi Dasar
7.3     Menghafal Hadits tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akherat

C.           indikator
7.3.1.  Menghafal Hadits tentang keseimbangan kehidupan di dunia dan akherat

D.           Tujuan Pembelajaran
·   Siswa mampu menghafal hadits tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akherat

Karakter siswa yang diharapkan :
·   Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
·   Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

E.            Materi Pembelajaran
Menghafal hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

HADITS RIWAYAT IBNU ‘ASAKIR DARI ANAS
عن  انس رَضي الله عنه ان نبي صلا الله عليه وسلم قال : لَيْسَ بِخَيْرِكُمْ مَنْ تَرَكَ دُ نْيَاهُ لآخِرَتِهِ وَلاَ آخِرَتَهُُ لِدُ نْيَاهُ حَتَّى يُصِْيبُ مِنْهُمَا جَمِيْعًا فـَإنَّ ِلدُّ نْيَا بَلاَغ ٌ اِلىَ الآخِرَةِ وَلاَ تَكُوْنُوْا كَلاًّ عَلىَ النَّاسِ( رواه ابن عساكر )
Bukanlah orang yang baik diantara kamu orang yang meninggalkan kepentingan dunia untuk mengejar akhirat atau meninggalkan akhirat untuk mengejar dunia sehingga dapat memadukan keduanya. Sesungguhnya kehidupan dunia mengantarkan kamu menuju kehidupan akhirat. Janganlah kamu menjadi beban orang lain. (HR.Ibnu ’Asakir dari Anas)

H.R. Muslim dari Abu Hurairah
الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِـيْفِ وَفِي كُلٍّ خَيـْرٌ اِحْرِصْ عَلَىَ مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجَزْ ( رواه مسلم عن أبى هريرة )
Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari pada mukmin yang lemah, sedangkan pada masing-masing ada kebaikannya. Bersemangatlah kamu mencapai sesuatu yang bermanfaat bagimu. Mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu merasa tak berdaya.        (HR.Muslim dari Abu Hurairah)

H.R. Bukhari dari Zubair bin Awwam
عن الزبيرابن العوام رض قال رسؤل الله صل الله عليه ؤسلم :لأنْ يَأخُذ َأحَدُكُمْ أحْبَلا ًفََيَأْخُـذ َحُزْمَةً مِنْ حَطَبٍ فَيَبِيْعَ فَيَكُفَّ اللَّهُ بِهِ وَجْهَهُ خَيْرٌ مِنْ أنْ يَسْألَ النَّاسَ أُعْطِيَ أَمْ مُنِعَ ( رواه البخا رى)
Sungguh jika salah seorang diantara kamu membawa seutas tali untuk mencari seikat kayu bakar, lalu kayu itu dijual sehingga Allah mencukupkan kebutuhan hidupnya dengan hasil jualannya, lebih baik daripada meminta-minta kepada orang lain, baik diberi maupun ditolak (tidak diberi)         (HR. Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam)


A.           Metode Pembelajaran
·         Hapalan Perorangan
·         Kelompok
·         Penugasan

B.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

Motivasi  :
·         Hapalkan Hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat

Ü   Kegiatan Inti

§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang hadits keseimbangan hidup di dunia dan akherat dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi tentang hadits keseimbangan hidup di dunia dan akherat
F  Guru menjelaskan hadits keseimbangan hidup di dunia dan akherat
F  Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari hadits keseimbangan hidup di dunia dan akherat

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  menyebutkan hadits keseimbangan hidup di dunia dan akherat

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik  positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ü  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Pesan moral :
menyeimbangkan antara dunia dan akhirat adalah kunci kebahagiaan

C.           Media/ Sumber Belajar
·         Qur`an Hadits ( Program Powerpoint )
·         Buku paket Al-Qur’an-Haditst  kelas VIII
·         Buku LKS Qur`an Hadits
·         Buku Hadits


D.           Penilaian
1.  Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes unjuk kerja
·         Penugasan

2.  Bentuk Instrumen:
Essay

3.  Contoh Instrumen:
Hapalan aditsHHadits tentang keseimbangan Hidup dunia dan akhiratbeserta artinya
1.       Riwayat Ibnu ‘Asakir dari Anas
2.       Riwayat Muslim dari Abu Hurairah
3.       Bukhari dari Zubair bin Awwam

Jawaban
HADITS RIWAYAT IBNU ‘ASAKIR DARI ANAS
عن  انس رَضي الله عنه ان نبي صلا الله عليه وسلم قال : لَيْسَ بِخَيْرِكُمْ مَنْ تَرَكَ دُ نْيَاهُ لآخِرَتِهِ وَلاَ آخِرَتَهُُ لِدُ نْيَاهُ حَتَّى يُصِْيبُ مِنْهُمَا جَمِيْعًا فـَإنَّ ِلدُّ نْيَا بَلاَغ ٌ اِلىَ الآخِرَةِ وَلاَ تَكُوْنُوْا كَلاًّ عَلىَ النَّاسِ( رواه ابن عساكر )
Bukanlah orang yang baik diantara kamu orang yang meninggalkan kepentingan dunia untuk mengejar akhirat atau meninggalkan akhirat untuk mengejar dunia sehingga dapat memadukan keduanya. Sesungguhnya kehidupan dunia mengantarkan kamu menuju kehidupan akhirat. Janganlah kamu menjadi beban orang lain. (HR.Ibnu ’Asakir dari Anas)

H.R. Muslim dari Abu Hurairah
الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِـيْفِ وَفِي كُلٍّ خَيـْرٌ اِحْرِصْ عَلَىَ مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجَزْ ( رواه مسلم عن أبى هريرة )
Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari pada mukmin yang lemah, sedangkan pada masing-masing ada kebaikannya. Bersemangatlah kamu mencapai sesuatu yang bermanfaat bagimu. Mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu merasa tak berdaya.        (HR.Muslim dari Abu Hurairah)

H.R. Bukhari dari Zubair bin Awwam
عن الزبيرابن العوام رض قال رسؤل الله صل الله عليه ؤسلم :لأنْ يَأخُذ َأحَدُكُمْ أحْبَلا ًفََيَأْخُـذ َحُزْمَةً مِنْ حَطَبٍ فَيَبِيْعَ فَيَكُفَّ اللَّهُ بِهِ وَجْهَهُ خَيْرٌ مِنْ أنْ يَسْألَ النَّاسَ أُعْطِيَ أَمْ مُنِعَ ( رواه البخا رى)
Sungguh jika salah seorang diantara kamu membawa seutas tali untuk mencari seikat kayu bakar, lalu kayu itu dijual sehingga Allah mencukupkan kebutuhan hidupnya dengan hasil jualannya, lebih baik daripada meminta-minta kepada orang lain, baik diberi maupun ditolak (tidak diberi)         (HR. Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam)



Skor penilaian :
Essay / uraian :
-          Skor no. 1 = 35
-          Skor no. 2 = 30
-          Skor no. 2 = 35
-          Skor maximum = 100


G. Analisis hasil belajar

No

N  a  m  a
Essay
KKM
Skor Penilain
Ket
1
2
3
35
30
35





70







70







70




Mengetahui
Kepala MTs.N Karangsembung



Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung,   Juli 2014
Guru Qur`an Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar