RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Madrasah : MTs
Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran : Al-Qur’an-Haditst
Kelas : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Membaca
Al-Qur’an surat pendek pilihan
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan
hukum bacaan nun mati dan mim mati dalam Al-Qur’an
C.
INDIKATOR
1.2.1. Menjelaskan
hukum bacaan nun mati dan mim mati
1.2.2.
Mengidentifikasi bacaan nun mati dan mim mati dalam Al-qur`an Surat-surat pendek
1.2.3. Mengaplikasikan
bacaan nun mati dan mim mati dalam Al-qur`an Surat-surat pendek.
D.
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa mampu menerapkan hukum
bacaan nun mati dan mim mati dalam
Al-Qur’an
Karakter siswa yang
diharapkan :
-
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin,
mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil
resiko, percaya diri, keorisinilan,
berorientasi ke masa depan
E.
Materi Pembelajaran
HUKUM NUN SUKUN DAN TANWIN
Secara garis besar hukum
bacaan nun sukun (نْ)
atau tanwin)
..ً...ٍ...ٌ.. ) dapat dibagi menjadi empat macam yaitu : Idzhar, Idghom, Ikhfa dan Iklab
IDZHAR
a. Pengertian
Idzhar
• Menurut bahasa idzhar berarti jelas atau terang.
• Menurut istilah idzhar
adalah
apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah
satuhuruf idzhar yaitu : ( أ ـ ح
ـ خ ـ ع ـ
غ ـ هـ )
Huruf idzhar tersebut termasuk huruf-huruf halqi,
oleh karena itu ia juga disebut dengan “idzhar halqi”
b. Cara
Membaca Idzhar
Jika terdapat bacaan idzhar, maka cara membacanya
ialah dengan jelas. Artinya nun mati atau tanwin itu dibaca dengan jelas, dan
tidak boleh berdengung
c. Contoh
Bacaan Idzhar
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf Idzhar
|
نْ أ
|
مَنْ أَعْـٰطى
|
أ
|
نْ خ
|
مِنْ خَوْفِ
|
خ
|
نْ خ
|
مِنْ خَوْفِ
|
خ
|
نْ ع
|
مِنْ عِلْمٍ
|
ع
|
نْ غ
|
فَسَيَنْغَضُوْنَ
|
غ
|
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf Idzhar
|
ـٍـ أ
|
حَاسِدٍ إِذَا
|
أ
|
ـٌـ ح
|
غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ
|
ح
|
ـًـ خ
|
مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهُ
|
خ
|
ـٌـ ع
|
سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
|
ع
|
ـٌـ غ
|
أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍ
|
غ
|
ـٌـ هـ
|
سَلاَمٌ هِيَ
|
هـ
|
IDGHAM
Bacaan idgham dapat
dibagi menjadi dua yaitu :
a. Idgham Bighunnah
b. Idgham Bilaghunnah
Idghom Bighunnah
1) Pengertian Idgham Bighunnah
Menurut
bahasa idgham artinya memasuk-kan dan ghunnah artinya dengung.
Menurut
istilah ilmu tajwid, idgham bighunnah ialah apabila ada nun sukun (نْ ) atau tanwin(
ــًــــٍـــٌـ ) bertemu dengan salah satu huruf idgham bighunnah: (ي ـ ن ـ م ـ و ).
Huruf
idgham bighunnah biasa diucapkan dengan “ يَنْمُوْ ”
2) Cara Membaca Idgham
Bighunnah
Cara membaca idgham
bighunnah ialah bunyi nun sukun atau tanwin dipadukan / dimasukkan pada huruf
berikutnya serta dengan mendengung. Sehingga bunyi nun sukun atau tanwin itu
tidak terdengar sama sekali.
3) Contoh Bacaan Idghom Bighunnah
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf
|
نْ ي
|
فَمَنْ
يَعْمَلْ
|
ي
|
نْ
ن
|
مِنْ
نِعْمَةٍ
|
ن
|
نْ
م
|
مَنْ مَنَعَ
|
م
|
نْ
و
|
مِنْ وَّرَآ
ئِهِمْ
|
و
|
Keterangan
|
Lafadz
/ Kalimat
|
Huruf
|
ـــٍــــ ي
|
يَوْمَئِذٍ
يَّصْدُرُ النَّاسُ
|
ي
|
ــــٌـــ ن
|
عَامِلَةٌ
نَّاصِبِةٌ
|
ن
|
ــــٌـــ م
|
رَجُلٌ
مَّنْصُوْرٌ
|
م
|
ــــٍـــ و
|
مِنْ
وَّلِىٍّ وَّلاَ نَاصِرٍ
|
و
|
Pengecualian:
Jika nun sukun bertemu dengan salah satu huruf
idgham bighunnah di dalam satu kata maka harus dibaca idzhar (jelas) artinya
nun sukun tidak boleh dibaca idgham bighunnah. Maka disebut juga dengan bacaan Idzhar
Wajib
Contoh :بنيان
/ صنوان / قنوان / دنيا
Idgham Bilaghunnah
1) Pengertian Idgham Bilaghunnah
• Menurut bahasa idgham berarti memasukkan sedangkan bilaghunnah artinya
tidak berdengung.
• Menurut istilah ilmu tajwid idgham bilaghunnah ialah apabila terdapat
huruf nun sukun (ن) atau tanwin ( ٍ ٌ ً) bertemu
dengan salah satu huruf idgham bilaghunnah yaitu : ر ـ ل
2) Cara Membaca Idgham Bilaghunnah
Cara membaca hukum bacaan idgham bilaghunnah ialah
bunyi nun sukun atau tanwin dipadukan /dimasukkan pada huruf berikut-nya akan
tetapi tidak dengan mendengung. Bunyi nun sukun dan tanwin tidak terdengar.
3) Contoh Bacaan Idghom Bilaghunnah
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf
|
نْ ر
|
مِنْ رَّبِّهِمْ
|
ر
|
نْ ر
|
مِنْ
رَّبِكَ
|
ر
|
نْ ل
|
لَئِنْ
لَّمْ يَنْتَهِ
|
ل
|
نْ ل
|
فَمَنْ
لَّمْ يَتُبْ
|
ل
|
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf
|
ـــًــــ ر
|
غَفُوْرًا
رَّحِيْمًا
|
ر
|
ــــٍـــ ر
|
شَيْطَانٍ
رَّجِيْمٍ
|
ر
|
ــــٌـــ ل
|
فَوَيْلٌ
لِلْمُصَلِّيْنَ
|
ل
|
ـــــًــ ل
|
هُدًى
لِّلْمُتَّقِيْنَ
|
و
|
IQLAB
a. Pengertian Iqlab
• Menurut bahasa iqlab berarti
membalik atau menukar atau
mengganti.
Sedang menurut istilah
ilmu tajwid iqlab ialah apabila terdapat nun
sukun atau tanwin bertemu dengan huruf iqlab yaitu ب
b.Cara Membaca Iqlab
Cara membaca iqlab ialah bunyi nun sukun atau
tanwin itu berubah menjadi bunyi huruf mim sukun dengan berdengung
c. Contoh
Bacaan Iqlab
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf
|
نْ ب
|
مَنْ بَخِلَ
|
ب
|
نْ ب
|
لَيُنْبَذَنَّ
فىِ الْخُطَمَةِ
|
ب
|
ــــًـــ ب
|
خَيْرًا
بِمَاكَا نُوْا
|
ب
|
ــــٍـــ ب
|
كِرَامٍ
بَرَرَةٍ
|
ب
|
ــــٌـــ ب
|
سَمِيْعٌ
بَصِيْرٌ
|
ب
|
IKHFA’
1. Pengertian Ikhfa’
Menurut bahasa ikhfa’ berarti samar-samar.
Menurut istilah ikhfa’
ialah apabila terdapat nun sukun (نْ) atau tanwin ( ــًــٍـــٌـ )bertemu dengan salah satu huruf ikhfa’ yang terdiri dari lima belas
huruf yaitu :
ت ـ ث ـ ج ـ د ـ ذ ـ ز ـ س ـ ش ـ ص ـ ض ـ ط ـ ظ ـ ف ـ ق ـ ك
b. Cara Membaca Ikhfa’
Cara membaca ikhfa’ ialah nun sukun atau tanwin
dibaca samar-samar, yaitu antara jelas dan tidak jelas, dengan disertai tempo
mendengung 2 harakat.
c. Contoh
Bacaan Ikhfa’
)Nun Sukun / نْ )
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf
|
نْ ت
|
وَلآ أَنْتُمْ
|
ت
|
نْ ث
|
مَنْثُوْرًا
|
ث
|
نْ ج
|
مِنْ جُوْعٍ
|
ج
|
نْ د
|
أَنْدَادًا
|
د
|
نْ ذ
|
فَأَنْذَرْ تُكُمْ
|
ذ
|
نْ ز
|
مَنْ زَكَّا هَا
|
ز
|
نْ س
|
مِنْ سِجِّيْلٍ
|
س
|
نْ ش
|
مِنْ شَرِّ
|
ش
|
نْ ص
|
عَنْ صَلاَ تِهِمْ
|
ص
|
نْ ض
|
مِنْ ضَرِيْعٍ
|
ض
|
نْ ط
|
عَنْ طَبَقٍ
|
ط
|
نْ ظ
|
أَفَلاَ يَنْظُرُوْنَ
|
ظ
|
نْ ف
|
أَنْفُسَكُمْ
|
ف
|
نْ ق
|
يَنْقَلِبُوْنَ
|
ق
|
نْ ك
|
إن كان
|
ك
|
Contoh Bacaan Ikhfa’ )Tanwin/
ــًــٍــٌـ )
Keterangan
|
Lafadz / Kalimat
|
Huruf
|
ـــًـــ ت
|
حَامِيَةً
تُسْقٰى
|
ت
|
ـــٍـــ ث
|
مُطَاعٍ
ثَمَّ اَمِيْن
|
ث
|
ـــٌـــ ج
|
عَيْنٌ
جَارِيَةٌ
|
ج
|
ـــًـــ د
|
وَكَأْسًادِهَاقًا
|
د
|
ـــٍــ ذ
|
يَوْمٍ ذِى
مَسْغَبَهٍ
|
ذ
|
ـــًـــ ز
|
نَفْسًا
زَكِيَّةً
|
ز
|
ـــٍـــ س
|
بِقَلْبٍ
سَلِيْمٍ
|
س
|
ـــٍـــ ش
|
لِنَفْسٍ
شَيْئاً
|
ش
|
ـــًـــ ص
|
صَفًّا
صَفًّا
|
ص
|
ـــًــ ض
|
قَوْمًا ضَآ
لَّيْنَ
|
ض
|
ـــًـــ ط
|
قَوْمًاطَاغِيْنَ
|
ط
|
ـــٍـــ ظ
|
ظِلاًّ
ظَلِيْلاً
|
ظ
|
ـــٍـــ ظ
|
ظِلاًّ
ظَلِيْلاً
|
ظ
|
ـــٍـــ ف
|
لَقَوْلٌ
فَصْلٌ
|
ف
|
ـــًـــ ق
|
شَيْئٍ
قَدِيْرٌ
|
ق
|
ـــًــ ك
|
نَاصِبَةٍ
كَاذِبَةٍ
|
ك
|
F.
Metode Pembelajaran
-
Diskusi
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Penugasan
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Ü Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
-
Guru mengucapkan salam dan
berdoa sebelum membuka pelajaran
-
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Motivasi :
-
Mengapa kita harus mempelajari
Ilmu Tajwid
Ü Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang Nun mati dan mim mati dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Mengajak siswa untuk
menelaah bahan atau materi tentang hukum Nun mati dan mim mati
F Guru menjelaskanNun
mati dan mim mati.
F Siswa melakukan
studi pustaka untuk mencari pengertian, macam-macan dan contoh Nun mati dan mim
mati.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F menyebutkan
pengertian, macam-macan dan contoh Nun mati dan mim mati.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Ü
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
H.
Media/ Sumber Belajar
-
Qur`an Hadits ( Program
Powerpoint )
-
Buku paket
Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
-
Buku LKS Qur`an Hadits
-
Juz ‘Amma
-
Buku Tajwid
I.
Penilaian
1. Teknik Penilaian:
·
Tes
tertulis
·
Tes
unjuk kerja
·
Penugasan
2. Bentuk Instrumen:
a)
Pilihan
Ganda
b)
Essay
3. Contoh Instrumen:
Pilihan Ganda
No
|
Soal
|
Kunci
|
1
|
Bunyi nun mati atau tanwin itu dibaca dengan jelas, dan tidak boleh
berdengung adalah cara membaca
a. idhar c. Idghom
b. ikhfa d. Iklab
|
a
|
2
|
bunyi nun sukun atau tanwin dipadukan / dimasukkan pada huruf
berikutnya serta dengan mendengung. Sehingga bunyi nun sukun atau tanwin itu
tidak terdengar sama sekali adalah cara membaca
a. Idghom Bilaghunnah c. Idhar
b. Idghom Bighunnah d. Ikhfa
|
b
|
3
|
bunyi nun sukun atau tanwin dipadukan /dimasukkan pada huruf
berikut-nya akan tetapi tidak dengan mendengung. Bunyi nun sukun dan tanwin
tidak terdengar adalah cara membaca
a. Idghom Bilaghunnah c. Idhar
b. Idghom
Bighunnah d. Ikhfa
|
a
|
4
|
bunyi nun sukun atau
tanwin itu berubah menjadi bunyi huruf mim sukun dengan berdengung adalah
cara membaca
a. Iklab c. Idghom Bighunnah
b. Idhar d. Ikhfa
|
a
|
5
|
nun sukun atau tanwin dibaca samar-samar, yaitu antara jelas dan tidak
jelas, dengan disertai tempo mendengung 2 harakat adalah cara membaca
a. Idhar c. Ikhfa
b. Idgom d. Iklab
|
c
|
6
|
Lafadz سَمِيْعٌ بَصِيْرٌmempunyai hukum ….
a. Idghom Bighunna c. Iklab
b. Ikhfa d. Idhar
|
c
|
7
|
Lafadz مَنْثُوْرًاmempunyai hukum ….
a. Idghom Bighunna c. Iklab
b. Ikhfa d. Idhar
|
b
|
8
|
Lafadz غَفُوْرٌ حَلِيْمٌmempunyai hukum ….
a. Iklab c. Ikhfa
b. Idhar d. Idghom
Bilaghunnah
|
b
|
9
|
Lafadzعَامِلَةٌ نَّاصِبِةٌmempunyai hukum ….
a. Idghom Bighunnah c. Idghom
Bilaghunnah
b. Ikhfa d. Iklab
|
a
|
10
|
Lafadzفَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّيْنَmempunyai hukum ….
a. Ikhfa c. Idghom
Bilaghunnah
b. Iklab d. Idghom Bighunnah
|
c
|
Soal
essay :
No
|
Lapadz
|
Sebab
|
Hukum
|
1
|
فَمَنْ
لَّمْ يَتُبْ
|
||
2
|
سَلاَمٌ هِيَ
|
||
3
|
خَيْرًا
بِمَاكَا نُوْا
|
||
4
|
وَّلِىٍّ وَّلاَ نَاصِرٍ
|
||
5
|
أَفَلاَ يَنْظُرُوْنَ
|
||
6
|
فَسَيَنْغَضُوْنَ
|
|
|
7
|
مَنْ
مَنَعَ
|
|
|
8
|
كَأْسًادِهَاقًا
|
|
|
9
|
شَيْطَانٍ
رَّجِيْمٍ
|
|
|
10
|
لَيُنْبَذَنَّ
فىِ الْخُطَمَةِ
|
|
|
Jawaban
No
|
Lapadz
|
Sebab
|
Hukum
|
1
|
فَمَنْ
لَّمْ يَتُبْ
|
نْ Bertemu ل
|
Idghom
Bilaghunnah
|
2
|
سَلاَمٌ هِيَ
|
ـــًـــ Bertemu ه
|
Idhar
|
3
|
خَيْرًا
بِمَاكَا نُوْا
|
ـــًـــ Bertemu ب
|
Iklab
|
4
|
وَّلِىٍّ وَّلاَ نَاصِرٍ
|
ـــًـــ Bertemu و
|
Idghom Bighunnah
|
5
|
أَفَلاَ يَنْظُرُوْنَ
|
نْ Bertemu ظ
|
Ikhfa
|
6
|
فَسَيَنْغَضُوْنَ
|
نْ Bertemu غ
|
Idhar
|
7
|
مَنْ
مَنَعَ
|
نْ Bertemu م
|
Idghom Bighunnah
|
8
|
كَأْسًادِهَاقًا
|
ـــًـــ Bertemu د
|
Ikhfa
|
9
|
شَيْطَانٍ
رَّجِيْمٍ
|
ـــًـــ Bertemu ر
|
Idghom
Bilaghunnah
|
10
|
لَيُنْبَذَنَّ
فىِ الْخُطَمَةِ
|
نْ Bertemu ب
|
Iklab
|
Skor
penilaian :
a.
Pilihan ganda :
-
Jawaban
benar skor nilai = 10
-
Jawaban
salah sekor niai = 0
-
Skor
maximum = 100
b.
Essay / uraian :
-
Jawaban
benar skor nilai = 10
-
Jawaban
salah sekor niai = 0
-
Skor
maximum = 100
c.
Penilaian :
Skor Total = Pilihan Ganda + Essay
2
G. Analisis hasil
belajar
No
|
N a
m a
|
PG
|
Essay
|
KKM
|
Skor
Penilain
|
Ket
|
100
|
100
|
|||||
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
Mengetahui
Kepala
MTs.N Karangsembung
Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP.
19590809 198511 1 001
|
|
Karangsembung, Juli 2014
Guru
Qur`an Hadits
UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP.
19751214 200701 1 014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar