Rabu, 10 September 2014

RPP Qurdits 8 Sk. 6 Kd. 6.3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )


Madrasah                              :  MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran                      :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                    :  VIII / 2
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit


A.           Standar Kompetensi
6.      Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)

B.           Kompetensi Dasar
6.3     Menerapkan kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya

C.           INDIKATOR
6.3.1.        Menunjukkan contoh perilaku orang yang menye-imbangkan kehidupan dunia dan akherat
6.3.2.        Menjelaskan cara hidup dan mencari kekayaan di dunia yang dianjurkan agama

D.           Tujuan Pembelajaran
·   Siswa mampu menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari.

Karakter siswa yang diharapkan :
·   Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
·   Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

E.            Materi Pembelajaran
Penerapan Kandungan  QS. al-Humazah dan at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
·         Tidak terlalu mencintai kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat
·         Tidak meremehkan dan menghina terhadap orang miskin
·         Mensyukuri terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
·         Menggunakan semua nikmat sesuai dengan petunjuk agama
·         Tidak bahil/kikir terhadap harta yang dimilikinya
·         Mengeluarkan sebagian rizkinya dengan bersedekah dan zakat jika telah memenuhi nisab dan haulnya

Manfaat menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-Humazah dan at-Takaatsur dalam kehidupan sehari-hari :
·         Terhindar dari sifat tamak terhadap harta.
·         Dicintai oleh Allah dan sesama manusia
·         Hidupnya akan tenteram karena merasa cukup terhadap rizki yang diberikan oleh Allah
·         Nikmatnya akan selalu bertambah berkat bersyukur kepada Allah
·         Memperoleh pahala dari Allah karena
·         menjauhi larangan-Nya
·         Selamat dari ancaman siksa api neraka.
F.             Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Penugasan

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;


Motivasi  :
·         Bagaimana prilaku orang yang menjauhi sifat Serakah dan Tamak

Ü   Kegiatan Inti

§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari. dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi tentang menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari..
F  Guru menjelaskanmenerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari.
F  Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari.
.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik  positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ü  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

2.             Media/ Sumber Belajar
·         Qur`an Hadits ( Program Powerpoint )
·         Buku paket Al-Qur’an-Haditst  kelas VIII
·         Buku LKS Qur`an Hadits
·         Juz ‘Amma


3.             Penilaian 1
1.  Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes unjuk kerja

2.  Bentuk Instrumen:
-   Essay

3.  Contoh Instrumen:


Soal essay :
1.       Bagaimana Menerapan Kandungan  QS. al-Humazah dan at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
2.       Sebutkan Manfaat menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-Humazah dan at-Takaatsur dalam kehidupan sehari-hari
Jawaban

Terjemahan Surat Al-Humazah
1.       Penerapan Kandungan  QS. al-Humazah dan at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
·         Tidak terlalu mencintai kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat
·         Tidak meremehkan dan menghina terhadap orang miskin
·         Mensyukuri terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
·         Menggunakan semua nikmat sesuai dengan petunjuk agama
·         Tidak bahil/kikir terhadap harta yang dimilikinya
·         Mengeluarkan sebagian rizkinya dengan bersedekah dan zakat jika telah memenuhi nisab dan haulnya

2.       Manfaat menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-Humazah dan at-Takaatsur dalam kehidupan sehari-hari :
·         Terhindar dari sifat tamak terhadap harta.
·         Dicintai oleh Allah dan sesama manusia
·         Hidupnya akan tenteram karena merasa cukup terhadap rizki yang diberikan oleh Allah
·         Nikmatnya akan selalu bertambah berkat bersyukur kepada Allah
·         Memperoleh pahala dari Allah karena
·         menjauhi larangan-Nya
·         Selamat dari ancaman siksa api neraka.


Skor penilaian :
Essay / uraian :
-                   Skor no. 1 = 50
-                   Skor no. 2 = 50
-                   Skor maximum = 100

G. Analisis hasil belajar
No
N  a  m  a
ESSAY
KKM
Skor Penilain
Ket
50
50




70






70






70



Mengetahui
Kepala MTs.N Karangsembung



Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung,   Juli 2014
Guru Qur`an Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar