RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Madrasah : MTs
Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran : Al-Qur’an-Haditst
Kelas : VIII
/ 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi
6. Menerapkan
Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)
B.
Kompetensi Dasar
6.3 Menerapkan
kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari
dan akibatnya
C.
INDIKATOR
6.3.1.
Menunjukkan contoh perilaku orang yang menye-imbangkan kehidupan dunia dan
akherat
6.3.2.
Menjelaskan cara hidup dan mencari kekayaan di dunia yang dianjurkan agama
D.
Tujuan Pembelajaran
· Siswa mampu menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam
fenomena kehidupan sehari-hari.
Karakter siswa yang
diharapkan :
·
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin,
mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
·
Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil
resiko, percaya diri, keorisinilan,
berorientasi ke masa depan
E.
Materi Pembelajaran
Penerapan
Kandungan QS. al-Humazah dan
at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
·
Tidak terlalu
mencintai kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat
·
Tidak
meremehkan dan menghina terhadap orang miskin
·
Mensyukuri
terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
·
Menggunakan
semua nikmat sesuai dengan petunjuk agama
·
Tidak
bahil/kikir terhadap harta yang dimilikinya
·
Mengeluarkan
sebagian rizkinya dengan bersedekah dan zakat jika telah memenuhi
nisab dan haulnya
Manfaat
menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-Humazah dan at-Takaatsur
dalam kehidupan sehari-hari :
·
Terhindar dari
sifat tamak terhadap harta.
·
Dicintai oleh
Allah dan sesama manusia
·
Hidupnya akan
tenteram karena merasa cukup terhadap rizki yang diberikan oleh Allah
·
Nikmatnya akan
selalu bertambah berkat bersyukur kepada Allah
·
Memperoleh
pahala dari Allah karena
·
menjauhi
larangan-Nya
·
Selamat dari
ancaman siksa api neraka.
F.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Penugasan
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Ü Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Guru mengucapkan salam dan
berdoa sebelum membuka pelajaran
·
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Motivasi :
·
Bagaimana prilaku orang yang
menjauhi sifat Serakah dan Tamak
Ü Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan
sehari-hari.
dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Mengajak siswa untuk
menelaah bahan atau materi tentang menerapkan
isi kandungan Surah al-Humazah dan
at-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari..
F Guru menjelaskanmenerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam fenomena kehidupan
sehari-hari.
F Siswa melakukan
studi pustaka untuk mencari menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam
fenomena kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
menerapkan isi kandungan Surah al-Humazah dan at-Takatsur dalam
fenomena kehidupan sehari-hari.
.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Ü
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
2.
Media/ Sumber Belajar
·
Qur`an Hadits ( Program
Powerpoint )
·
Buku paket
Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
·
Buku LKS Qur`an Hadits
·
Juz ‘Amma
3.
Penilaian 1
1. Teknik Penilaian:
·
Tes
tertulis
·
Tes
unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen:
- Essay
3. Contoh Instrumen:
Soal
essay :
1.
Bagaimana Menerapan
Kandungan QS. al-Humazah dan
at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
2.
Sebutkan
Manfaat menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-Humazah dan
at-Takaatsur dalam kehidupan sehari-hari
Jawaban
Terjemahan Surat Al-Humazah
1.
Penerapan
Kandungan QS. al-Humazah dan
at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
·
Tidak terlalu
mencintai kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat
·
Tidak
meremehkan dan menghina terhadap orang miskin
·
Mensyukuri
terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
·
Menggunakan
semua nikmat sesuai dengan petunjuk agama
·
Tidak
bahil/kikir terhadap harta yang dimilikinya
·
Mengeluarkan
sebagian rizkinya dengan bersedekah dan zakat jika telah memenuhi
nisab dan haulnya
2.
Manfaat menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS.
al-Humazah dan at-Takaatsur dalam kehidupan sehari-hari :
·
Terhindar dari
sifat tamak terhadap harta.
·
Dicintai oleh
Allah dan sesama manusia
·
Hidupnya akan
tenteram karena merasa cukup terhadap rizki yang diberikan oleh Allah
·
Nikmatnya akan
selalu bertambah berkat bersyukur kepada Allah
·
Memperoleh
pahala dari Allah karena
·
menjauhi
larangan-Nya
·
Selamat dari
ancaman siksa api neraka.
Skor
penilaian :
Essay / uraian :
-
Skor
no. 1 = 50
-
Skor
no. 2 = 50
-
Skor
maximum = 100
G. Analisis hasil
belajar
No
|
N a
m a
|
ESSAY
|
KKM
|
Skor
Penilain
|
Ket
|
|
50
|
50
|
|||||
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
Mengetahui
Kepala
MTs.N Karangsembung
Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP.
19590809 198511 1 001
|
|
Karangsembung, Juli 2014
Guru
Qur`an Hadits
UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP.
19751214 200701 1 014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar