RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Madrasah : MTs
Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran : Al-Qur’an-Haditst
Kelas : VIII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi
2. Menerapkan
Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang
ketentuan rizki dari Allah
B.
Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan
isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari
Allah dalam kehidupan
C.
indikator
2.3.1.
Menjelaskan macam-macam ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
2.3.2.
Menyebutkan pengertian ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
2.3.3.
Memberi contoh ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
2.3.4.
Menunjukkan perilaku orang yang mencari rezeki dari Allah dalam kehidupan
3.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
·
Merumuskan macam-macam rizki
·
Mencari contoh tentang
ketentuan rizki dalam kehidupan
·
Siswa mampu menerapkan isi
kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh dalam kehidupan sehari-hari
Karakter siswa yang
diharapkan :
·
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin,
mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
·
Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil
resiko, percaya diri, keorisinilan,
berorientasi ke masa depan
4.
Materi Pembelajaran
Rizki
menjadi ketetapan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Semua makhluk yang ada di dunia
ini telah ditetapkan dan diberikan rizkinya oleh Allah SWT.
Manusia
hanya berusaha untuk mencari rizki yang telah Allah tetapkan. Karena itu,
tak seorang pun yang hidup di dunia
ini tanpa rizki dari Allah.
Hal
ini sebagaimana firman Allah SWT :
Dan tidak ada suatu
binatang melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan
dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710].
semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
[709] yang dimaksud binatang melata di sini ialah
segenap makhluk Allah yang bernyawa.
[710] menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud
dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan ialah akhirat.
dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang
sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim.
Dan berapa banyak
binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezkinya sendiri. Allah-lah yang
memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan dia Maha mendengar lagi Maha
Mengetahui.
5.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Penugasan
6.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Ü Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Guru mengucapkan salam dan
berdoa sebelum membuka pelajaran
·
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Motivasi :
·
Apa yang dimaksud dengan
ketentuan rizki dalam kehidupan
·
Bagaimana contoh menerapkan
isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh dalam kehidupan sehari-hari
Ü Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang ketentuan rizki dalam kehidupan dan menerapkan
isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh dalam kehidupan sehari-hari
i.dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Mengajak siswa untuk
menelaah bahan atau materi tentang ketentuan rizki dalam
kehidupan dan menerapkan isi kandungan QS
Al Quraisy dan Al Insyiroh dalam
kehidupan sehari-hari.
F Guru menjelaskan tentang ketentuan rizki dalam kehidupan dan menerapkan
isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa melakukan
studi pustaka untuk mencari pengertian tentang
ketentuan rizki dalam kehidupan dan menerapkan isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F menyebutkan
pengertiantentang ketentuan rizki dalam
kehidupan dan menerapkan isi kandungan QS
Al Quraisy dan Al Insyiroh dalam
kehidupan sehari-hari..
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Ü
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ü Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Guru mengucapkan salam dan
berdoa sebelum membuka pelajaran
·
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Motivasi :
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
·
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
Dengan merujuk pada silabus,
RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan
selain yang terkait dengan SK/KD
Ü Kegiatan Inti
Eksplorasi (peserta didik difasilitasi untuk memperoleh pengetahuan
dan keterampilan dan mengembangkan sikap melalui kegiatan pembelajaran yang
berpusat pada siswa)
·
Guru menjelaskan isi kandungan SurahAl Quraisy dan Al
Insyiroh.
·
Siswa memperhatikan penjelasan guru
dan mencatat hal-hal yangdirasa penting dan atau perlu ditanyakan.
·
Siswa mendiskusikan
bentuk-bentuk penerapan isi kandunganSurahAl
Quraisy dan Al Insyirohdalam
kehidupan sehari-hari.
·
Bersama
guru, siswa membahas simpulan diskusi.
Elaborasi (peserta didik diberi peluang untuk memperoleh pengetahuan
dan keterampilan serta sikap lebih lanjut melalui sumber-sumber dan
kegiatan-kegiatan pembelajaran lainnya sehingga pengetahuan, keterampilan, dan
sikap peserta didik lebih luas dan dalam.)
·
Guru menyimpulkan uraian
tentang penerapan isi kandungan SurahAl
Quraisy dan Al Insyiroh dalam
kehidupan sehari-hari
Konfirmasi (peserta didik memperoleh umpan balik atas kebenaran,
kelayakan, atau keberterimaan dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang
diperoleh oleh siswa)
Ü Kegiatan Penutup
·
Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat kesimpulan pelajaran (nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kritis, logis);
·
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (nilai yang
ditanamkan: jujur, mengetahui kelebihan
dan kekurangan);
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran (nilai yang ditanamkan: saling
menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis);
·
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik; dan
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pesan moral :
Manfaatkan Anugrah rizki dari Allah dengan
Sebaik-baiknya untuk Kebahagiaan Dunia dan Akhirat.
7.
Media/ Sumber Belajar
·
Qur`an Hadits ( Program Powerpoint
)
·
Buku paket
Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
·
Buku LKS Qur`an Hadits
·
Juz ‘Amma
8.
Penilaian 1
1. Teknik Penilaian:
·
Tes
tertulis
·
Tes
unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen:
- Essay
3. Contoh Instrumen:
Soal
essay :
Rizki menjadi ketetapan Allah kepada hamba-hamba-Nya.
Semua makhluk yang ada di dunia ini telah ditetapkan dan diberikan rizkinya
oleh Allah SWT, Manusia hanya berusaha untuk mencari rizki yang telah Allah
tetapkan. Karena itu, tak seorang pun
yang hidup di dunia ini tanpa rizki dari
Allah.
1.
, tuliskan ayat yang menjelaskan hal tersebut ?
Jawaban
Skor
penilaian :
Nilai 10 s/d
100
G. Analisis hasil
belajar
No
|
N a
m a
|
ESSAY
|
KKM
|
Skor
Penilain
|
Ket
|
|
100
|
||||||
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
Mengetahui
Kepala
MTs.N Karangsembung
Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP.
19590809 198511 1 001
|
|
Karangsembung, Juli 2014
Guru
Qur`an Hadits
UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP.
19751214 200701 1 014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar