Selasa, 09 September 2014

RPP Qurdits 8 Sk.2 Kd. 2.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Madrasah                              :  MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran                      :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                    :  VIII / 1
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit


A.           Standar Kompetensi
2.      Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rizki dari Allah

B.           Kompetensi Dasar
2.2     Memahami keterkaitan isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh.

C.           indikator
2.2.1.        Menyebutkan pengertian rizki
2.2.2.        Menjelaskan macam-macam rizki
2.2.3.        Memberi contoh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
2.2.4.        Menunjukkan perilaku orang yang mencari rizki dengan dibarengi pera-saan tawakkal, optimis dan qona’ah

3.             Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu menyebutkan Pengertian rizki, macam-macam rizki  dan prilaku orang yang mencari rizki.

Karakter siswa yang diharapkan :
·         Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
·         Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

4.             Materi Pembelajaran

RIZKI ALLAH KEPADA SETIAP MAKHLUK
A.      Pengetian  Rizki
Rizki adalah segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan yang diberikan Allah kepada kita, baik berupa makanan sehari-hari maupun nafkah. Rizki juga berarti penghidupan, pendapatan untuk memelihara penghidupan, keuntungan dan kesempatan untuk mendapatkan makanan.
Dalam Islam Rizki tidak hanya sekedar fisik, akan tetapi berbagai nikmat yang diberikan Allah kepada kita adalah rizki Allah kepada hamba-hamba-Nya.
Hal ini sebagaimana firman Allah :
Allah-lah yang menciptakan kamu, Kemudian memberimu rezki, Kemudian mematikanmu, Kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha sucilah dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.

B.      Macam-macam Rizki
Rizki Allah tidak hanya sekedar yang tampak dan berwujud fisik, akan tetapi rizki Allah amatlah luas, diantaranya adalah :
1.       Kesempurnaan bentuk tubuh manusia
2.       Sarana dan Prasarana Kehidupan
3.       Kesehatan Jasmani dan Rohani
4.       Agama Islam sebagai petunjuk bagi manusia
5.       Iman dan Islam yang diberikan kepada kita dan lain-lain



5.             Metode Pembelajaran
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Penugasan

6.             Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

Motivasi  :
·         Apa yang dimaksud dengan rizki
·         Sebutkan macam-macam rizki


Ü   Kegiatan Inti

§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang Pengertian rizki, macam-macam rizki  dan prilaku orang yang mencari rizki.dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi tentang Pengertian rizki, macam-macam rizki  dan prilaku orang yang mencari rizki.
F  Guru menjelaskan Pengertian rizki, macam-macam rizki  dan prilaku orang yang mencari rizki.
F  Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari Pengertian rizki, macam-macam rizki  dan prilaku orang yang mencari rizki..

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  menyebutkan pengertian, macam-macan dan contoh Pengertian rizki, macam-macam rizki  dan prilaku orang yang mencari rizki.

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik  positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


Ü  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

7.             Media/ Sumber Belajar
·         Qur`an Hadits ( Program Powerpoint )
·         Buku paket Al-Qur’an-Haditst  kelas VIII
·         Buku LKS Qur`an Hadits
·         Juz ‘Amma

8.             Penilaian

1.  Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes unjuk kerja

2.  Bentuk Instrumen:
-   Essay

3.  Contoh Instrumen:

Soal essay :
1.   Apa yang dimaksud Rizki
2.    Rizki Allah tidak hanya sekedar yang tampak dan berwujud fisik, akan tetapi rizki Allah amatlah luas,sebutkan  5  diantaranya  :


Jawaban

1.       Rizki adalah segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan yang diberikan Allah kepada kita, baik berupa makanan sehari-hari maupun nafkah. Rizki juga berarti penghidupan, pendapatan untuk memelihara penghidupan, keuntungan dan kesempatan untuk mendapatkan makanan.

2.       Rizki Allah tidak hanya sekedar yang tampak dan berwujud fisik, akan tetapi rizki Allah amatlah luas, 5  diantaranya  adalah :
a.       Kesempurnaan bentuk tubuh manusia
b.       Sarana dan Prasarana Kehidupan
c.       Kesehatan Jasmani dan Rohani
d.       Agama Islam sebagai petunjuk bagi manusia
e.       Iman dan Islam yang diberikan kepada kita dan lain-lain

Skor Penilaian  Essay / uraian :

-          Skor no. 1 = 40
-          Skor no. 2 = 60
-          Skor maximum = 100


G. Analisis hasil belajar

No

N  a  m  a
Essay
KKM
Skor Penilain
Ket
1
2
40
60




70






70






70




Mengetahui
Kepala MTs.N Karangsembung



Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung,   Juli 2014
Guru Qur`an Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar