Rabu, 10 September 2014

RPP Qurdits 8 Sk. 7 Kd. 7.4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )

Madrasah                              :  MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran                      :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                    :  VIII / 2
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit


A.           Standar Kompetensi
7.      Memahami Hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat

B.           Kompetensi Dasar
7.4     Menjelaskan  keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

C.           INDIKATOR
7.4.1.        Mejelaskan pengertian keseimba-ngan hidup di dunia dan akherat
7.4.2.        Menunjukkan contoh perila-ku orang yang menyeimbangkan kehidu-pan dunia dan akherat
7.4.3.        Menyebutkan akibat orang yang tidak menyeimbangkan kehidupan dunia dan akheraT
7.4.4.        Menjelaskan cara hidup yang seimbang menurut ajaran agama

D.           Tujuan Pembelajaran
·   Siswa mampu menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya.

Karakter siswa yang diharapkan :
·   Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
·   Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

E.            Materi Pembelajaran

KETERKAITAN KANDUNGAN HADIST TENTANG KESEIMBANGAN HIDUP DI DUNIA DAN AKHIRAT

Hadits pertama mengajarkan tentang keseimbangan dalam perhatiannya terhadap kehidupan dunia dan akhirat. Jadi tidak benar meninggalkan dunianya demi kepentingan akhiratnya, begitu pula sebaliknya. Islam melarang kepada pemeluknya menjadi beban orang lain. Ini berarti mendorong untuk hidup mandiri.
Hadits kedua mengandung motivasi agar hidup penuh semangat dan untuk selalu minta pertolongan kepada Allah sehingga akan menjadi orang mukmin yang kuat. Karena orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT
Hadits ketiga merupakan dorongan yang sangat kuat untuk bekerja keras dalam rangka memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya, apapun pekerjaannya yang penting halal. Hal ini akan dapat menghindari perilaku meminta-minta kepada orang lain.



Dampak positif keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat :
1.       Akan tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat
2.       Dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri sehingga tidak meminta-minta dan menjadi beban orang lain
3.       Memiliki pribadi yang mandiri
4.       Menjadi mukmin yang kuat dalam segala bidang
5.       Akan terasa selalu dekat kepada allah SWT. Sehingga hidupnya tenang
6.       Dapat memperjuangkan islam dengan kekuatan yang maksimal
7.       Menjadi orang yang terhormat sehingga tidak menjadi bahan cemoohan orang
8.       Disegani oleh musuh-musuh islam sehingga tidak senantiasa diganggu mereka.


F.             Metode Pembelajaran
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Penugasan

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

Motivasi  :
·         Apa keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya


Ü   Kegiatan Inti

§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam fenomena kehidupan dan akibatnyadari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi tentang hadits keseimbangan hidup di dunia dan akherat
F  Guru menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
F  Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  menyebutkan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik  positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ü  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


Pesan moral :
Jadilah manusia yang bisa menyeimbangkan antara dunia dan akhirat.
.

H.           Media/ Sumber Belajar
·         Qur`an Hadits ( Program Powerpoint )
·         Buku paket Al-Qur’an-Haditst  kelas VIII
·         Buku LKS Qur`an Hadits
·         Buku Hadits


I.              Penilaian
1.  Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes unjuk kerja
·         Penugasan

2.  Bentuk Instrumen:
Essay

3.  Contoh Instrumen:
Apa keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

Jawaban
KETERKAITAN KANDUNGAN HADIST TENTANG KESEIMBANGAN HIDUP DI DUNIA DAN AKHIRAT
Hadits pertama mengajarkan tentang keseimbangan dalam perhatiannya terhadap kehidupan dunia dan akhirat. Jadi tidak benar meninggalkan dunianya demi kepentingan akhiratnya, begitu pula sebaliknya. Islam melarang kepada pemeluknya menjadi beban orang lain. Ini berarti mendorong untuk hidup mandiri.
Hadits kedua mengandung motivasi agar hidup penuh semangat dan untuk selalu minta pertolongan kepada Allah sehingga akan menjadi orang mukmin yang kuat. Karena orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT
Hadits ketiga merupakan dorongan yang sangat kuat untuk bekerja keras dalam rangka memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya, apapun pekerjaannya yang penting halal. Hal ini akan dapat menghindari perilaku meminta-minta kepada orang lain.

Dampak positif keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat :
1.       Akan tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat
2.       Dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri sehingga tidak meminta-minta dan menjadi beban orang lain
3.       Memiliki pribadi yang mandiri
4.       Menjadi mukmin yang kuat dalam segala bidang
5.       Akan terasa selalu dekat kepada allah SWT. Sehingga hidupnya tenang
6.       Dapat memperjuangkan islam dengan kekuatan yang maksimal
7.       Menjadi orang yang terhormat sehingga tidak menjadi bahan cemoohan orang
Disegani oleh musuh-musuh islam sehingga tidak senantiasa diganggu merekaSkor penilaian :

Essay / uraian :
-          Skor no. 1 = 50
-          Skor no. 2 = 50
-          Skor maximum = 100


G. Analisis hasil belajar

No

N  a  m  a
Essay
KKM
Skor Penilain
Ket
1
2
50
50




70






70






70




Mengetahui
Kepala MTs.N Karangsembung



Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung,  21 Mei 2014
Guru Qur`an Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar