Selasa, 09 September 2014

RPP Qurdits 8 Sk. 4 Kd. 4.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )


Madrasah                              :  MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran                      :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                    :  VIII / 1
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit


A.           Standar Kompetensi
4.      Memahami Hadits tentang tolong menolong dan  mencintai anak yatim

B.           Kompetensi Dasar
4.1         Menerjemahkan makna Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim

C.           INDIKATOR
4.2.1.        Mengartikan kata kata sulit dalam Hadits tentang tolong menolong
4.2.2.        Mengartikan Hadits tentang tolong menolong secara keseluruhan
4.2.3.        Mengartikan kata kata sulit dalam Hadits tentang mencintai anak yatim
4.2.4.        Mengartikan Hadits tentang mencitai anak yatim secara keseluruhan

D.           Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu menerjemahkan dengan benar hadis tentang tolongmenolong dan mencintai anak yatim

Karakter siswa yang diharapkan :
·         Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
·         Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

E.            Materi Pembelajaran

Hadits Tentang Tolong Menolong( 1 )

أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُوا الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ) رواه البخاري )
Terjemahan Hadis
Bahwasanya Abdullah bin Umar r.a. mengabarkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda: ” Muslim yang satu adalah saudara muslim yang lain; oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya. Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim, maka Allah akan membantu kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya pada hari kiamat ” .  ( HR Bukhari )

PenjelasanHadis
F Hadis  Rasulullah  SAW.  menjelaskan bahwa seorang muslim satu dengan yang lain adalah saudara. Oleh karena itu, sesama muslim tidak boleh saling mendzalimi. Bahkan, sesama muslim harus saling tolong menolong (ta’awun).
F Maka barang siapa yang berbuat seperti itu, Allah memberikan beberapa janji kepada mereka sebagaimana disebutkan dalam hadits tersebut yaitu :
o   Orang yang membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan memberikan bantuan kepadanya dalam memenuhi kebutuhan.
o   Orang yang membantu saudaranya dalam melepaskan kesusahan, maka Allah akan membebaskan kesusahan darinya pada hari kiamat.
o   Orang yang menutupi cacat saudaranya, maka Allah pun akan menutupi cacatnya kelak dihari kiamat.


Hadits Tentang Tolong Menolong( 2 )
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ   (  رواه مـسـلم )
Terjemahan Hadis
Dari Abu Hurairah ra.berkata : “ Rasululah saw bersabda: “ Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari suatu kesusahan dunia maka Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan-kesusahan hari kiamat, barang siapa meringankan suatu penderitaan seseorang maka Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat, barang siapa menutupi ( cacat ) seorang muslim maka Allah akan menutupi ( cacatnya ) di dunia dan akhirat. Allah akan selalu memberi pertolongan kepada seseorang, selama orang tersebut suka menolong saudaranya”.( HR Muslim )

PenjelasanHadis
Bentuk-bentuk sikap seorang muslim yang seharusnya diterapkan terhadap saudaranya serta balasan yang akan diterimanya sebagaimana dijelaskan dalam hadits di atas adalah :
a.       Orang yang mau melapangkan saudaranya dari kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkan baginya dari kesusahan pada hari kiamat.
b.       Orang yang membantu saudaranya dalam mengatasi persoalan hidupnya, maka Allah akan meringankan beban penderitaannya di dunia dan di akhirat.
c.       Orang yang mengetahui cacat saudaranya lalu menutupinya, maka Allah akan menutupi cacatnya di dunia dan di akhirat
d.       Orang yang penuh simpati dan siap membantu saudaranya semampunya, maka Allah akan memberinya pertolongan untuk mengatasi kebutuhan dan mewujudkan apa yang menjadi dambaan hatinya.

Hadits Tentang Mencintai  Anak Yatim ( 1 )
عَنْ سَهْلٍقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا ( رواه مسلم  )



Terjemahan Hadis
Dari Sahl, Rasulullah SAW. bersabda: “Aku dan orang-orang yang memelihara anak yatim di surga seperti ini. Beliau menunjukkan telunjuk dan jari tengah serta beliau merenggangkan antara keduanya “.( HR Bukhari )

PenjelasanHadis
Melalui hadits riwayat Imam Bukhari ini Rasulullah SAW. memberikan motivasi kepada seseorang untuk peduli dan mau memelihara anak yatim.
Yang dimaksud dengan yatim adalah seorang anak yang ditinggal mati oleh ayahnya sebelum ia berusia baligh.
Selanjutnya Rasulullah SAW. menyatakan bahwa seseorang yang mau merawat dan mengurus anak yatim, mengembangkan hartanya, mendidik jiwanya, dan menggantikan sebagai penanggung yang penuh kasih sayang, dan yang bertindak sebagai pemimpin yang bijaksana, ia akan mendapat kedudukan yang besar disisi Allah SWT. Ia layak menjadi teman dekat Rasulullah SAW. di syurga layaknya telunjuk dan jari tengah. Ia akan bersenang-senang dengan berbagai kenikmatan di sana, sebagaimana ia menyenangkan anak yatim dengan mengurusnya

Hadits Tentang Mencintai  Anak Yatim ( 2 )
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُ بَيْتٍ فِي الْمُسْلِمِينَ بَيْتٌ فِيهِ يَتِيمٌ يُحْسَنُ إِلَيْهِ وَشَرُّ بَيْتٍ فِي الْمُسْلِمِينَ بَيْتٌ فِيهِ يَتِيمٌ يُسَاءُ إِلَيْهِ(رواه ابن ماجه)
Terjemahan Hadis
Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi SAW.bersabda : “ Sebaik-baik rumah orang Islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim dan diasuh dengan baik. Seburuk-buruk rumah orang Islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim dan diperlakukan dengan buruk ( HR. Ibnu Majah )

PenjelasanHadis
Hadits riwayat Ibnu Majah ini memberikan pengertian kepada kita bahwa sebaik-baik rumah orang Islam adalah rumah yang didalamnya terdapat anak yatim yang diasuh dengan baik.
Akan tetapi sebaliknya rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang ditelantarkan, maka itulah seburuk-buruk rumah.Ini merupakan anjuran kepada umat Islam agar memiliki kepedulian kepada anak yatim dengan megasuh dan memelihara mereka dengan baik.

F.            Metode Pembelajaran
·         Penugasan
·         Diskusi
·         Tanya jawab

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

Motivasi  :
·         Mengapa kita harus tolong menolong dan mencintai anak yatim



Ü   Kegiatan Inti

§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang hadits tolong menolong dan  mencintai anak yatim dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi tentang hadits tolong menolong dan  mencintai anak yatim
F  Guru menjelaskan hadits tolong menolong dan  mencintai anak yatim
F  Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari hadits tolong menolong dan  mencintai anak yatim

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  menyebutkan hadits tolong menolong dan  mencintai anak yatim

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik  positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ü  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Pesan moral :
tolong menolong dan  mencintai anak yatim manjadikan kita umat yang dicintai Rolulullah.
.

H.           Media/ Sumber Belajar
·         Qur`an Hadits ( Program Powerpoint )
·         Buku paket Al-Qur’an-Haditst  kelas VIII
·         Buku LKS Qur`an Hadits
·         Buku Hadits Bukhori Muslim


I.              Penilaian

1.  Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes unjuk kerja
·         Penugasan

2.  Bentuk Instrumen:
Essay

3.  Contoh Instrumen:

Soal essay :
1.       TerjemahkanaditsHHadits tentang Tolong Menolong dibawah ini
·                       أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُوا الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ) رواه البخاري )



2.    Tuliskan Hadits tentang Mencintai Anak Yatim
عَنْ سَهْلٍقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا ( رواه مسلم  )

Jawaban

1.       Hadits Tentang Tolong Menolong
Bahwasanya Abdullah bin Umar r.a. mengabarkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda: ” Muslim yang satu adalah saudara muslim yang lain; oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya. Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim, maka Allah akan membantu kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya pada hari kiamat ” .  ( HR Bukhari )

2.       Hadits Tentang Mencintai Anak yatim
Dari Sahl, Rasulullah SAW. bersabda: “Aku dan orang-orang yang memelihara anak yatim di surga seperti ini. Beliau menunjukkan telunjuk dan jari tengah serta beliau merenggangkan antara keduanya “.( HR Bukhari )


Skor penilaian :
Essay / uraian :
-          Skor no. 1 = 60
-          Skor no. 2 = 40
-          Skor maximum = 100


G. Analisis hasil belajar

No

N  a  m  a
Essay
KKM
Skor Penilain
Ket
1
2
60
40




70






70






70




Mengetahui
Kepala MTs.N Karangsembung



Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung,   Juli 2014
Guru Qur`an Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar