RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Madrasah : MTs
Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran : Al-Qur’an-Haditst
Kelas : VIII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi
4. Memahami Hadits tentang
tolong menolong dan mencintai anak yatim
B.
Kompetensi Dasar
4.1
Menerjemahkan makna Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak
yatim
C.
INDIKATOR
4.2.1.
Mengartikan kata kata sulit dalam Hadits tentang tolong menolong
4.2.2.
Mengartikan Hadits tentang tolong menolong secara keseluruhan
4.2.3.
Mengartikan kata kata sulit dalam Hadits tentang mencintai anak yatim
4.2.4.
Mengartikan Hadits tentang mencitai anak yatim secara keseluruhan
D.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa mampu menerjemahkan
dengan benar hadis tentang tolongmenolong dan mencintai anak yatim
Karakter siswa yang
diharapkan :
·
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin,
mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
·
Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil
resiko, percaya diri, keorisinilan,
berorientasi ke masa depan
E.
Materi Pembelajaran
Hadits Tentang Tolong
Menolong( 1 )
أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُوا الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ
يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ
فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ
يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ) رواه البخاري )
Terjemahan Hadis
Bahwasanya Abdullah bin Umar r.a. mengabarkan, bahwa
Rasulullah saw. bersabda: ” Muslim yang satu adalah saudara muslim yang lain;
oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya. Barang siapa
memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya.
Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim, maka Allah akan membantu
kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti
pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah
akan menutupi (aib)nya pada hari kiamat ” .
( HR Bukhari )
PenjelasanHadis
F
Hadis Rasulullah
SAW. menjelaskan bahwa seorang
muslim satu dengan yang lain adalah saudara. Oleh karena itu, sesama muslim
tidak boleh saling mendzalimi. Bahkan, sesama muslim harus saling tolong menolong (ta’awun).
F
Maka barang siapa yang berbuat
seperti itu, Allah memberikan beberapa janji kepada mereka sebagaimana
disebutkan dalam hadits tersebut yaitu :
o
Orang yang membantu keperluan
saudaranya, maka Allah akan memberikan bantuan kepadanya dalam memenuhi
kebutuhan.
o
Orang yang membantu saudaranya dalam
melepaskan kesusahan, maka Allah akan membebaskan kesusahan darinya pada hari
kiamat.
o
Orang
yang menutupi cacat saudaranya, maka Allah pun akan menutupi cacatnya kelak
dihari kiamat.
Hadits Tentang Tolong
Menolong( 2 )
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ
كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ
يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي
الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا
وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ
أَخِيهِ… ( رواه
مـسـلم )
Terjemahan Hadis
Dari Abu Hurairah ra.berkata : “ Rasululah saw
bersabda: “ Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari suatu kesusahan dunia
maka Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan-kesusahan hari kiamat,
barang siapa meringankan suatu penderitaan seseorang maka Allah akan
meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat, barang siapa menutupi ( cacat
) seorang muslim maka Allah akan menutupi ( cacatnya ) di dunia dan akhirat.
Allah akan selalu memberi pertolongan kepada seseorang, selama orang tersebut
suka menolong saudaranya”.( HR Muslim )
PenjelasanHadis
Bentuk-bentuk sikap seorang muslim yang seharusnya
diterapkan terhadap saudaranya serta balasan yang akan diterimanya sebagaimana
dijelaskan dalam hadits di atas adalah :
a.
Orang
yang mau melapangkan saudaranya dari kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkan
baginya dari kesusahan pada hari kiamat.
b.
Orang
yang membantu saudaranya dalam mengatasi persoalan hidupnya, maka Allah akan
meringankan beban penderitaannya di dunia dan di akhirat.
c.
Orang
yang mengetahui cacat saudaranya lalu menutupinya, maka Allah akan menutupi
cacatnya di dunia dan di akhirat
d.
Orang
yang penuh simpati dan siap membantu saudaranya semampunya, maka Allah akan
memberinya pertolongan untuk mengatasi kebutuhan dan mewujudkan apa yang
menjadi dambaan hatinya.
Hadits Tentang Mencintai
Anak Yatim ( 1 )
عَنْ سَهْلٍقَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ
هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا ( رواه
مسلم )
Terjemahan Hadis
Dari Sahl, Rasulullah SAW. bersabda: “Aku dan orang-orang
yang memelihara anak yatim di surga seperti ini. Beliau menunjukkan telunjuk
dan jari tengah serta beliau merenggangkan antara keduanya “.( HR Bukhari )
PenjelasanHadis
Melalui hadits riwayat Imam Bukhari ini Rasulullah SAW.
memberikan motivasi kepada seseorang untuk peduli dan mau memelihara anak
yatim.
Yang dimaksud dengan yatim adalah seorang anak yang
ditinggal mati oleh ayahnya sebelum ia berusia baligh.
Selanjutnya Rasulullah SAW. menyatakan bahwa seseorang
yang mau merawat dan mengurus anak yatim, mengembangkan hartanya, mendidik
jiwanya, dan menggantikan sebagai penanggung yang penuh kasih sayang, dan yang
bertindak sebagai pemimpin yang bijaksana, ia akan mendapat kedudukan yang
besar disisi Allah SWT. Ia layak menjadi teman dekat Rasulullah SAW. di syurga
layaknya telunjuk dan jari tengah. Ia akan bersenang-senang dengan berbagai
kenikmatan di sana, sebagaimana ia menyenangkan anak yatim dengan mengurusnya
Hadits Tentang Mencintai
Anak Yatim ( 2 )
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُ بَيْتٍ فِي الْمُسْلِمِينَ بَيْتٌ
فِيهِ يَتِيمٌ يُحْسَنُ إِلَيْهِ وَشَرُّ بَيْتٍ فِي الْمُسْلِمِينَ بَيْتٌ فِيهِ
يَتِيمٌ يُسَاءُ إِلَيْهِ(رواه ابن ماجه)
Terjemahan Hadis
Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi SAW.bersabda : “
Sebaik-baik rumah orang Islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim dan
diasuh dengan baik. Seburuk-buruk rumah orang Islam adalah rumah yang di
dalamnya ada anak yatim dan diperlakukan dengan buruk ( HR. Ibnu Majah )
PenjelasanHadis
Hadits riwayat Ibnu Majah ini memberikan pengertian
kepada kita bahwa sebaik-baik rumah orang Islam adalah rumah yang didalamnya
terdapat anak yatim yang diasuh dengan baik.
Akan tetapi sebaliknya rumah yang di dalamnya ada anak
yatim yang ditelantarkan, maka itulah seburuk-buruk rumah.Ini merupakan anjuran
kepada umat Islam agar memiliki kepedulian kepada anak yatim dengan megasuh dan
memelihara mereka dengan baik.
F.
Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Diskusi
·
Tanya jawab
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Ü Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Guru mengucapkan salam dan
berdoa sebelum membuka pelajaran
·
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Motivasi :
·
Mengapa kita harus tolong
menolong dan mencintai anak yatim
Ü Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang hadits tolong menolong dan
mencintai anak yatim
dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Mengajak siswa untuk
menelaah bahan atau materi tentang hadits tolong menolong dan
mencintai anak yatim
F Guru menjelaskan hadits
tolong menolong dan
mencintai anak yatim
F Siswa melakukan studi
pustaka untuk mencari hadits tolong menolong dan mencintai anak yatim
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F menyebutkan hadits tolong menolong dan
mencintai anak yatim
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Ü
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Pesan moral :
tolong menolong dan mencintai anak yatim manjadikan kita umat
yang dicintai Rolulullah.
.
H.
Media/ Sumber Belajar
·
Qur`an Hadits ( Program
Powerpoint )
·
Buku paket
Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
·
Buku LKS Qur`an Hadits
·
Buku Hadits Bukhori Muslim
I.
Penilaian
1. Teknik Penilaian:
·
Tes
tertulis
·
Tes
unjuk kerja
·
Penugasan
2. Bentuk Instrumen:
Essay
3. Contoh Instrumen:
Soal
essay :
1.
Terjemahkan Hadits tentang Tolong Menolong dibawah ini
·
أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ
أَخُوا الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ
أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً
فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ
سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ) رواه البخاري )
2.
Tuliskan Hadits tentang Mencintai Anak Yatim
عَنْ سَهْلٍقَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ
هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا ( رواه
مسلم )
Jawaban
1. Hadits Tentang Tolong Menolong
Bahwasanya Abdullah bin Umar r.a.
mengabarkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda: ” Muslim yang satu adalah saudara
muslim yang lain; oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya.
Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan
memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim,
maka Allah akan membantu kesulitannya
dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi
(aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya pada hari kiamat ”
. ( HR Bukhari )
2. Hadits Tentang Mencintai Anak yatim
Dari Sahl, Rasulullah SAW. bersabda:
“Aku dan orang-orang yang memelihara anak yatim di surga seperti ini. Beliau
menunjukkan telunjuk dan jari tengah serta beliau merenggangkan antara keduanya
“.( HR Bukhari )
Skor
penilaian :
Essay / uraian :
-
Skor
no. 1 = 60
-
Skor
no. 2 = 40
-
Skor
maximum = 100
G. Analisis hasil
belajar
No
|
N a
m a
|
Essay
|
KKM
|
Skor
Penilain
|
Ket
|
|
1
|
2
|
|||||
60
|
40
|
|||||
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
Mengetahui
Kepala
MTs.N Karangsembung
Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP.
19590809 198511 1 001
|
|
Karangsembung, Juli 2014
Guru
Qur`an Hadits
UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP.
19751214 200701 1 014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar