Rabu, 10 September 2014

RPP Qurdits 8 Sk. 6 Kd. 6.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )


Madrasah                              :  MTs Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran                      :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                    :  VIII / 2
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit


A.           Standar Kompetensi
 6.     Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)

B.           Kompetensi Dasar
6.2     Memahami keterkaitan isi kandungan SurahAl-Humazah dan At-Takatsurtentang Sifat Cinta Dunia dan melupakan Kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan

C.           INDIKATOR
6.2.1.        Menjelaskan fakta macam-macam gaya hidup masyarakat dalam mengumpulkan kekayaan dalam fenomena kehidupan
6.2.2.        Menyebutkan contoh perilaku orang yang serakah dalam menimbun harta
6.2.3.        Menjelaskan penyebab seseorang serakah dalam menimbun harta dan melupakan kebahagian hakiki

D.           Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsurtentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

E.            Materi Pembelajaran

Keterkaitan isi kandungan QS.al-Humazah dan at-Takaatsur
·         Keduanya menerangkan tentang orang yang bangga dan bermegah-megahan dengan kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat.
·         Keduanya mengandung ancaman Allah terhadap orang yang bangga dan bermegah-megahan terhadap kehidupan dunia hingga melalikan kehidupan akhirat. Ancaman itu berupa neraka Huthamah dan neraka Jahiim.
Penerapan Kandungan  QS. al-Humazah dan at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
·         Tidak terlalu mencintai kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat
·         Tidak meremehkan dan menghina terhadap orang miskin
·         Mensyukuri terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
·         Menggunakan semua nikmat sesuai dengan petunjuk agama
·         Tidak bahil/kikir terhadap harta yang dimilikinya
·         Mengeluarkan sebagian rizkinya dengan bersedekah dan zakat jika telah memenuhi nisab dan haulnya
Ciri-ciri orang tamak ialah :
·         Terlalu mencintai harta yang dimiliki
·         Terlalu semangat memcari harta tanpa memperhatikan waktu dan kondisi tubuh
·         Terlalu hemat dalam membelanjakan harta
·         Merasa berat untuk mengeluarkan harta demi kepentingan agama dan sosial
·         Mendambakan kemewahan dunia
·         Tidak memikirkan kehidupan alkhirat
·         Semua perbuatannya selalu bertendensi pada materi.

Manfaat menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-Humazah dan at-Takaatsur dalam kehidupan sehari-hari :
·         Terhindar dari sifat tamak terhadap harta.
·         Dicintai oleh Allah dan sesama manusia
·         Hidupnya akan tenteram karena merasa cukup terhadap rizki yang diberikan oleh Allah
·         Nikmatnya akan selalu bertambah berkat bersyukur kepada Allah
·         Memperoleh pahala dari Allah karena
·         menjauhi larangan-Nya
·         Selamat dari ancaman siksa api neraka.

F.            Metode Pembelajaran
·   Ceramah
·   Diskusi
·   Tanya jawab

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

Motivasi  :
·         Apa keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.

Ü   Kegiatan Inti

§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi tentang keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan..
F  Guru menjelaskanketerkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.
F  Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F menyebutkanketerkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.
.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik  positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ü  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

H.           Media/ Sumber Belajar
·         Qur`an Hadits ( Program Powerpoint )
·         Buku paket Al-Qur’an-Haditst  kelas VIII
·         Buku LKS Qur`an Hadits
·         Juz ‘Amma

2.             Penilaian 1
1.  Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes unjuk kerja

2.  Bentuk Instrumen:
-   Essay

3.  Contoh Instrumen:


Soal essay :
1.       Apa Keterkaitan isi Kandungan Surat Al-Humazah dan At-Takatsur !
2.       Sebutkan Ciri-ciri orang Serakah dan Tamak ?

Jawaban

1.       Keterkaitan isi kandungan QS. al-Humazah dan at-Takaatsur
·         Keduanya menerangkan tentang orang yang bangga dan bermegah-megahan dengan kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat.
·         Keduanya mengandung ancaman Allah terhadap orang yang bangga dan bermegah-megahan terhadap kehidupan dunia hingga melalikan kehidupan akhirat. Ancaman itu berupa neraka Huthamah dan neraka Jahiim.
2.       Ciri-ciri orang tamak ialah :
·         Terlalu mencintai harta yang dimiliki
·         Terlalu semangat memcari harta tanpa memperhatikan waktu dan kondisi tubuh
·         Terlalu hemat dalam membelanjakan harta
·         Merasa berat untuk mengeluarkan harta demi kepentingan agama dan sosial
·         Mendambakan kemewahan dunia
·         Tidak memikirkan kehidupan alkhirat
·         Semua perbuatannya selalu bertendensi pada materi.

Skor penilaian :
Essay / uraian :
-                   Skor no. 1 = 50
-                   Skor no. 2 = 50
-                   Skor maximum = 100







\


G. Analisis hasil belajar
No
N  a  m  a
ESSAY
KKM
Skor Penilain
Ket
50
50




70






70






70




Mengetahui
Kepala MTs.N Karangsembung



Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP. 19590809 198511 1 001

Karangsembung,   Juli 2014
Guru Qur`an Hadits



UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP. 19751214 200701 1 014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar