RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Madrasah : MTs
Negeri Karangsembung
Mata Pelajaran : Al-Qur’an-Haditst
Kelas : VIII
/ 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi
6. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek
pilihan tentang menimbun harta (serakah)
B.
Kompetensi Dasar
6.2 Memahami
keterkaitan isi kandungan SurahAl-Humazah
dan At-Takatsurtentang Sifat Cinta
Dunia dan melupakan Kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan
C.
INDIKATOR
6.2.1.
Menjelaskan fakta macam-macam gaya hidup masyarakat dalam mengumpulkan
kekayaan dalam fenomena kehidupan
6.2.2.
Menyebutkan contoh perilaku orang yang serakah dalam menimbun harta
6.2.3.
Menjelaskan penyebab seseorang serakah dalam menimbun harta dan melupakan
kebahagian hakiki
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan
keterkaitan isi kandungan SurahHumazah
dan At-Takatsurtentang cinta dunia
dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
Cinta
ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
Berorientasi
tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan, berorientasi ke masa depan
E.
Materi Pembelajaran
Keterkaitan
isi kandungan QS.al-Humazah dan at-Takaatsur
·
Keduanya
menerangkan tentang orang yang bangga dan bermegah-megahan dengan kehidupan
dunia hingga melupakan kehidupan akhirat.
·
Keduanya
mengandung ancaman Allah terhadap orang yang bangga dan bermegah-megahan
terhadap kehidupan dunia hingga melalikan kehidupan akhirat. Ancaman itu berupa
neraka Huthamah dan neraka Jahiim.
Penerapan
Kandungan QS. al-Humazah dan
at-Takaatsur Dalam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya
·
Tidak terlalu
mencintai kehidupan dunia hingga melupakan kehidupan akhirat
·
Tidak meremehkan
dan menghina terhadap orang miskin
·
Mensyukuri
terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
·
Menggunakan
semua nikmat sesuai dengan petunjuk agama
·
Tidak
bahil/kikir terhadap harta yang dimilikinya
·
Mengeluarkan
sebagian rizkinya dengan bersedekah dan zakat jika telah memenuhi
nisab dan haulnya
Ciri-ciri
orang tamak ialah :
·
Terlalu
mencintai harta yang dimiliki
·
Terlalu
semangat memcari harta tanpa memperhatikan waktu dan kondisi tubuh
·
Terlalu hemat
dalam membelanjakan harta
·
Merasa berat
untuk mengeluarkan harta demi kepentingan agama dan sosial
·
Mendambakan
kemewahan dunia
·
Tidak
memikirkan kehidupan alkhirat
·
Semua
perbuatannya selalu bertendensi pada materi.
Manfaat
menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-Humazah dan at-Takaatsur
dalam kehidupan sehari-hari :
·
Terhindar dari
sifat tamak terhadap harta.
·
Dicintai oleh
Allah dan sesama manusia
·
Hidupnya akan
tenteram karena merasa cukup terhadap rizki yang diberikan oleh Allah
·
Nikmatnya akan selalu
bertambah berkat bersyukur kepada Allah
·
Memperoleh
pahala dari Allah karena
·
menjauhi
larangan-Nya
·
Selamat dari
ancaman siksa api neraka.
F.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Ü Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Guru mengucapkan salam dan
berdoa sebelum membuka pelajaran
·
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Motivasi :
·
Apa keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki
dalam fenomena kehidupan.
Ü Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur
tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Mengajak siswa untuk
menelaah bahan atau materi tentang keterkaitan
isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan
melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan..
F Guru menjelaskanketerkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur
tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.
F Siswa melakukan
studi pustaka untuk mencari keterkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki
dalam fenomena kehidupan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
menyebutkanketerkaitan isi kandungan SurahHumazah dan At-Takatsur
tentang cinta dunia dan melupakan kehidupan hakiki dalam fenomena kehidupan.
.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Ü
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
H.
Media/ Sumber Belajar
·
Qur`an Hadits ( Program
Powerpoint )
·
Buku paket
Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
·
Buku LKS Qur`an Hadits
·
Juz ‘Amma
2.
Penilaian 1
1. Teknik Penilaian:
·
Tes
tertulis
·
Tes
unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen:
- Essay
3. Contoh Instrumen:
Soal
essay :
1.
Apa Keterkaitan isi Kandungan Surat Al-Humazah dan
At-Takatsur !
2.
Sebutkan Ciri-ciri orang Serakah dan Tamak ?
Jawaban
1. Keterkaitan isi kandungan QS.
al-Humazah dan at-Takaatsur
·
Keduanya menerangkan
tentang orang yang bangga dan bermegah-megahan dengan kehidupan dunia hingga
melupakan kehidupan akhirat.
·
Keduanya
mengandung ancaman Allah terhadap orang yang bangga dan bermegah-megahan
terhadap kehidupan dunia hingga melalikan kehidupan akhirat. Ancaman itu berupa
neraka Huthamah dan neraka Jahiim.
2.
Ciri-ciri
orang tamak ialah :
·
Terlalu
mencintai harta yang dimiliki
·
Terlalu
semangat memcari harta tanpa memperhatikan waktu dan kondisi tubuh
·
Terlalu hemat
dalam membelanjakan harta
·
Merasa berat untuk
mengeluarkan harta demi kepentingan agama dan sosial
·
Mendambakan
kemewahan dunia
·
Tidak
memikirkan kehidupan alkhirat
·
Semua
perbuatannya selalu bertendensi pada materi.
Skor
penilaian :
Essay / uraian :
-
Skor
no. 1 = 50
-
Skor
no. 2 = 50
-
Skor
maximum = 100
\
G. Analisis hasil
belajar
No
|
N a
m a
|
ESSAY
|
KKM
|
Skor
Penilain
|
Ket
|
|
50
|
50
|
|||||
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
|
70
|
|
|
Mengetahui
Kepala
MTs.N Karangsembung
Drs. H. ABDUL GHOFAR
NIP.
19590809 198511 1 001
|
|
Karangsembung, Juli 2014
Guru
Qur`an Hadits
UJANG SOLAHUDIN, S.PdI
NIP.
19751214 200701 1 014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar